Mendirikan Startup Butuh Bekal Aspek Finansial Berikut Ini - Kompas.com

Mendirikan Startup Butuh Bekal Aspek Finansial Berikut Ini

Kompas.com - 13/09/2017, 12:00 WIB
Ilustrasi StartupThe Next Web Ilustrasi Startup

JAKARTA, KOMPAS.com - Semakin berkembangnya teknologi yang ada, membuat banyak bisnis bisnis information technology (IT) yang berkembang saat ini. Banyak masyarakat modern saat ini membuat startup sebagai usahanya.

Namun menjalankan startup, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan. Menurut Filbert Tsai yang dikutip dalam Tech in Asia, menyatakan bahwa kinerja merupakan bagian tubuh bisnis, strategi merupakan penggerak (otak), sedangkan finansial merupakan nyawa dari bisnis yang dijalankan. 

Kebanyakan orang menganggap jika perusahaan startup lebih membutuhkan kinerja dan strategi, sehingga banyak orang yang kurang terlalu mengerti mengenai masalah finansial.

Padahal, finansial menjadi hal yang cukup penting di dalam sebuah perusahaan. Bahkan, masalah finansial bisa menjadi hal yang paling memengaruhi jalannya bisnis Anda.

Oleh sebab itu, finansial perlu dipelajari mulai dari awal pembangunan bisnis. Berikut ini beberapa aspek finansial yang harus dikuasai ketika Anda ingin menjalankan bisnis startup.

1.Paham Ramalan Finansial

Salah satu hal yang harus dikuasai dalam bidang finansial ketika Anda akan menjalankan bisnis startup adalah mengenai ramalan finansial.

Hal ini cukup penting di dalam menjalankan bisnis startup; yang mana Anda akan berasumsi mengenai bagaimana jalannya bisnis yang dijalankan berdasarkan dari berbagai kasus yang ada.

Dalam hal ini, Anda membutuhkan analisis yang tepat serta kepekaan yang mendalam mengenai perubahan yang terjadi.

Rencana-rencana yang akan dijalankan harus dievaluasi dengan sebaik mungkin dalam waktu yang berkala, apakah hal tersebut baik atau tidak untuk kondisi finansial perusahaan Anda.

Sehingga, dibutuhkan skill meramal yang tepat untuk mendapatkan cara menjalankan bisnis yang tepat. Asumsi yang dipikirkan tentu harus diimbangi dengan pendapatan, pengeluaran, saldo, serta pasar dalam masyarakat.

2.Membuat Rencana Bisnis

Dalam setiap bisnis yang dijalankan, tentunya Anda membutuhkan rencana bisnis yang tepat, termasuk dalam perusahaan startup. Rencana bisnis yang matang tentu saja akan membuat kondisi finansial perusahaan menjadi lebih terjaga dan teratur.

Oleh karena iitu, sangat penting, membuat rencana bisnis yang matang dan tepat, sebelum memulai membangun startup.

Jika Anda masih ragu dan kurang yakin mengenai rencana bisnis, lebih baik menyewa jasa konsultan bisnis, bila memiliki uang lebih.

Anda bisa melakukan ini pada tahap awal pembangunan bisnis, sehingga nantinya Anda bisa mengkonsultasikan segala masalah yang dirasakan serta mengatasi kejanggalan-kejanggalan yang dirasakan.

Dengan jasa konsultan bisnis, Anda tentu saja bisa mendapatkan solusi yang tepat pada bisnis startup, dan Anda juga bisa memulai nya dengan awal yang baik.

3.Membuat Anggaran Dana

Aspek anggaran ini mungkin mirip dengan ramalan finansial yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, pada anggaran, Anda akan lebih memfokuskan diri untuk mengikuti arus masuk dan arus keluar dari keuangan perusahaan.

Sehingga, akan lebih baik jika Anda merancang anggaran ini dari awal pembentukan startup agar mengurangi risiko kebangkrutan yang bisa saja terjadi.

Meskipun hal ini sepele, namun anggaran tersebut akan sangat berpengaruh pada faktor lainnya di dalam perusahaan Anda. Perkiraan keuangan yang baik dan tepat, tentu dapat dijadikan sebagai alat penganggaran yang tepat.

Akan tetapi, kebanyakan para founder startup kurang mengetahui dengan jelas mengenai keuangan, ataupun membuat anggaran untuk arus masuk ataupun arus keluar. Dengan dapat membuat arus masuk dan keluar dari keuangan perusahaan, tentunya dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Merencanakan modal yang akan dipergunakan secara tepat juga bisa menghemat biaya lebih banyak, bahkan dapat menghindarkan Anda dari masalah pembayaran biaya yang berlebih kedepannya.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat, uang tunai yang ditanamkan dalam modal perusahaan, pajak, serta biaya operasional lainnya harus dibayarkan secepat mungkin agar tak terjadi penumpukan utang.

Rencanakan Semua Aspek dengan Matang

Tentunya tak hanya masalah finansial yang menjadi poin penting dalam membangun bisnis startup. Untuk itu, rencanakan dengan matang segala aspek yang menyangkut bisnis Anda, sehingga nantinya Anda bisa meminimalisir risiko buruk yang bisa terjadi kedepannya.

EditorAprillia Ika

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM