Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Pewaris L'Oreal Wafat, Siapa Perempuan Terkaya di Dunia Kini?

Kompas.com - 23/09/2017, 17:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Bloomberg

LONDON, KOMPAS.com - Perempuan terkaya di dunia sekaligus pewaris perusahaan kosmetik L'Oreal Liliane Bettencourt (94) tutup usia pada Kamis (21/9/2017).

Setelah Bettencourt wafat, siapa yang kemudian menjadi perempuan terkaya di dunia? Mengutip Bloomberg, Sabtu (23/9/2017), posisi Bettencourt sebagai perempuann terkaya di dunia kini digantikan tak lain oleh putrinya sendiri.

Francoise Bettencourt-Meyers (64) kini berstatus perempuan terkaya di dunia lantaran kekayaan mendiang sang ibu diwariskan padanya.

Tidak seperti sang ibu, Bettencourt-Meyers jauh dari gemerlap kehidupan sosial kelas atas. Ia dikenal karena kegemarannya bermain piano selama beberapa jam sehari dan telah menulis dua buku terkait studi Alkitab dan ginealogi dewa-dewa Yunani.

Baca: Wanita Terkaya di Dunia Tutup Usia

"Ia benar-benar hidup di 'kepompongnya' sendiri. Ia benar-benar hidup dengan membatasi diri dari keluarganya," kata Tom Sancton, penulis buku The Bettencourt Affair.

Sancton menyatakan, ketika Bettencourt-Meyers masih kecil pun, dirinya sudah merasa tidak nyaman berada di lingkungan orang-orang kaya.

Dengan karakter yang berkebalikan dengan sang ibu, sejumlah pihak menyatakan bakal sulit bagi Bettencourt-Meyers untuk mengelola semua kekayaan yang dimiliki keluarganya.

Melalui perusahaan milik keluarga, Tethys, dia mengendalikan 33 persen saham L'Oreal. Adapun 23 persen saham L'Oreal dimiliki raksasa produsen makanan asal Swiss, Nestle SA.

Secara keseluruhan, kekayaan Bettencourt saat ini mencapai 43,3 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 576 triliun.

Pasca-wafatnya Bettencourt, beragam spekulasi muncul terkait apakah Bettencourt-Meyers akan melakukan buyback atau pembelian kembali saham L'Oreal yang saat ini dimiliki Nestle.

Bettencourt-Meyers sendiri selama ini kurang menunjukkan minat pada bisnis L'Oreal ketimbang yang dilakukan sang ibunda.

Padahal, selama lebih dari dua dekade, ia juga sudah menjabat sebagai salah seorang anggota direksi L'Oreal.

Baca: Tak Lulus SMA, Jadi Wanita Terkaya di Dunia

"Ia datang ke rapat, tapi tidak seperti Liliane, ia tidak pernah terlibat (secara langsung). Liliane membaca banyak sekali dokumen, L'Oreal adalah urat nadinya, tapi itu bukan Francoise," tutur Sancton.

Bettencourt-Meyers menunjukkan minat yang sangat besar kepada musik dan ilmu pengetahuan. Tidak hanya itu, ia juga telah terlibat secara langsung dalam berbagai kegiatan amal. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com