Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Nikahkan Anak, Miliarder Ini Rugi Besar

Kompas.com - 16/10/2017, 05:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Asia One

BEIJING, KOMPAS.com - Periode libur nasional selama sepekan baru-baru ini dijadikan waktu yang pas bagi pasangan di China untuk melangsungkan pernikahan. Hal ini terjadi pula pada salah satu keluarga miliarder di China.

Mengutip Asia One, Senin (16/10/2017), keluarga terkaya di Shaoxing, Zhejiang melangsungkan resepsi pernikahan yang amat mewah pada beberapa waktu lalu. Namun, setelah pesta pernikahan mewah itu dihelat, saham perusahaan mereka malah turun tajam pada pekan lalu.

Wu Jinhua (27), putra konglomerat otomotif Wu Liangding, melangsungkan resepsi pernikahan yang sangat mewah dan glamor. Resepsi tersebut bukan hanya diselenggarakan dengan adat China, namun juga ala Barat dan berlangsung selama dua hari.

Sang pengantin wanita, Shen Jiani, berangkat menuju tempat respsi dengan menumpang mobil sedan mewah China. Tidak hanya itu, iring-iringan Shen termasuk pula di antaranya adalah antrian panjang hadiah pernikahan dan deretan mobil-mobil mewah.

(Baca: 5 Miliarder Ini Sempat Hidup Miskin)

Tampilan kekayaan tersebut direkam dalam sebuah video yang kemudian diunggah ke media sosial. Video itu sontak membuat warganet heboh.

Banyak yang terkecoh, mengira tempat resepsi yang indah itu adalah sebuah taman khas China, namun ternyata merupakan bagian dari rumah keluarga Wu. Selama upacara pernikahan tradisional China, sang pengantin wanita serasa seperti berada di opera China.

Kemudian, pasangan pengantin baru itu bertukar ikrar pernikahan dalam upacara ala Barat. Upacara sakral itu dihadiri oleh sejumlah tamu yang merupakan orang-orang terkaya di China.

Pada acara resepsi, para tamu dihibur dengan penampilan dari penyanyi Taiwan Jeff Chang dan Van Fan. Upacara pernikahan yang super mewah itu ternyata tidak berbuah manis bagi orang tua mempelai pria.

Ketika perdagangan di bursa saham dibuka pada awal pekan lalu, saham perusahaan keluarga Wu anjlok. Pada akhirnya, perusahaan tersebut menderita kerugian sebesar 2,4 miliar yuan.

Ayah Wu adalah pendiri konglomerasi otomotif Wanfeng Auto Holdings Group dan merupakan salah satu miliarder kenamaan China. Forbes mengestimasikan kekayaan ayah Wu mencapai 2,3 miliar dollar AS pada tahun 2016.

Kompas TV Setelah tak lagi menjadi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjalani liburan yang menyenangkan di Kepulauan Karibia. Mantan Presiden AS ini ditantang untuk melakukan kitesurfing

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Asia One



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com