Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Diprediksi Tidak Terpengaruh Kenaikan Suku Bunga The Fed

Kompas.com - 07/11/2017, 20:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Research Analyst Forex Time (FXTM) Lukman Otonuga memprediksi, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS tidak akan terlalu terpengaruh meski Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga pada akhir tahun mendatang.

Sebab, lanjut dia, kenaikan kenaikan Fed Fund Rate (FFR) sudah memperhitungkan pasar keuangan dunia.  

"Kenaikan suku bunga sudah dikalkulasikan, jadi tidak begitu menjadi sentimen negatif bagi Rupiah," ujar Otonuga saat diskusi dengan media di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (7/11/2017).

Otonuga mengatakan, yang mengancam nilai tukar rupiah adalah kebijakan perpajakan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

(Baca: Bank Indonesia Ungkap Penurunan Nilai Tukar Rupiah Pekan Lalu)

 

Menurut dia, kebijakan itu juga akan berdampak kuat bagi nilai tukar mata uang negara-negara berkembang, bukan hanya ke rupiah.  

"Jika rencana kebijakan itu batal akan menjadi sentimen negatif bagi dollar AS dan mendongkrak nilai tukar rupiah," papar Otonuga.

Sementara itu, berdasarkan data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia pada 7 November 2017 nilai tukar rupiah mencapai Rp 13.504 per dollar AS, atau menguat dibandingkan 6 November kemarin sebesar Rp 13.529 per dollar AS.

Kompas TV Sudah dua pekan, rupiah melemah terhadap dollar Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com