Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenial, Pilih Liburan atau Beli Properti?

Kompas.com - 14/11/2017, 15:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial sudah menjadi konsumen terbesar di Indonesia. Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, mereka memiliki preferensi yang berbeda dalam membelanjakan uang maupun berinvestasi.

Country General Manager Rumah123.com Ignatius Untung mengungkapkan, saat ini generasi milenial yang berusia antara 23 hingga 37 tahun telah menggantikan generasi investor yang lebih tua. Generasi ini cenderung memiliki pilihan yang lebih banyak.

"Kalau dulu punya uang bisa terukur belanjanya untuk apa. Sekarang (generasi) milenial bisa apapun, termasuk travel," ujar Untung pada acara pembukaan Festival Properti Indonesia di Mall Kota Kasablanka, Selasa (14/11/2017).

Untung mengungkapkan, sadar atau tidak, generasi milenial mendorong peningkatan belanja untuk leisure alias hiburan seperti bepergian. Ini juga yang mendorong melonjaknya bisnis agen perjalanan daring.

Baca juga: Rhenald Kasali: Generasi Milenial Harus Tahu Tantangan Masa Depan

Namun, ia memandang generasi milenial juga harus menyadari pentingnya memiliki properti. Menurut Untung, properti adalah sebuah kebutuhan, baik untuk saat ini atau di masa mendatang.

"Mau punya sendiri atau sewa, semakin ditunda maka tidak akan terbeli. Milenial harus diedukasi untuk membeli properti sekarang," sebut Untung.

Ia mengungkapkan, apabila generasi milenial menunda untuk membeli properti, maka harganya akan terus melambung dan pada akhirnya tidak terbeli. Oleh karena itu, tidak masalah apabila memiliki properti terlebih dahulu meski lokasinya cenderung tidak di tengah kota.

"Tidak apa-apa punya dulu, nanti kalau harga naik bisa dijual untuk bisa beli yang (lokasinya) di tengah (kota)," kata Untung.

Baca juga: BPS: Masyarakat Lebih Senang Travelling ketimbang Belanja

Kompas TV Survei CSIS dilakukan terhadap kaum milenial pengguna media sosial Twitter, Instagram, Facebook dan Path.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com