Bagaimana Miliarder Bill Gates dan Warren Buffett Memanfaatkan Waktu Luang? - Kompas.com

Bagaimana Miliarder Bill Gates dan Warren Buffett Memanfaatkan Waktu Luang?

Sakina Rakhma Diah Setiawan
Kompas.com - 16/11/2017, 11:30 WIB
Warren Buffet Warren Buffet

NEW YORK, KOMPAS.com - Kehidupan para miliarder selalu menarik untuk disimak. Tak hanya soal kekayaannya yang melimpah dan kesuksesannya membangun bisnis, kehidupan sehari-hari para orang supertajir pun kerap bikin penasaran.

Salah satunya adalah cara para miliarder memanfaatkan waktu luang. Ternyata, seperti banyak orang lainnya, sejumlah miliarder gemar menghabiskan waktu senggang dengan bermain kartu bridge.

Miliarder dan investor kawakan Warren Buffett memang dikenal menghabiskan 80 persen harinya dengan membaca. Akan tetapi, pendiri Berkshire Hathaway ini akan bermain bridge jika tidak sedang membaca atau bekerja.

"Saya sering sekali bermain (bridge), setidaknya 4 sesi per minggu, sekitar 2 jam per sesi," kata Buffett dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari CNBC, Kamis (16/11/2017).

Baca juga : Jika Kekayaannya Hilang, Bill Gates Akan Ternak Ayam

Dengan demikian, setidaknya Buffett menghabiskan 8 jam per minggu untuk bermain bridge. Menurut Buffett, ia senang dengan tantangan yang ditawarkan ketika bermain bridge.

"Ini adalah jenis permainan yang bisa Anda nikmati ketika usia Anda sekitar 90 tanunan. Anda melihat tantangan intelektual yang berbeda setiap 7 menit," jelas Buffett, yang usianya kini 87 tahun.

Bukan hanya Buffett yang gemar memanfaatkan waktu luang dengan bermain bridge. Miliarder dan mitra bisnis Buffett, Charlie Munger juga gemar bermain bridge sejak beberapa dekade lalu.

Kawan lama Buffett sekaligus pendiri Microsoft dan orang terkaya di dunia Bill Gates pun juga merupakan penggemar bridge.

Baca juga : China Kini Jadi Penghasil Miliarder Terbanyak di Dunia

 

Bahkan, ketika mengunjungi China dan orang-orang lain menikmati pemandangan yang mengagumkan, Gates dan sang istri, Melinda serta Buffett malah bermain bridge.

"Saat pergi bersama pada tahun 1995 ke China, kami bermain bridge ketika orang-orang melihat pemandangan. Kami bermain di bis sambil menyeimbangkan kartu yang ada di pangkuan kami," kenang Buffett.

Kompas TV Setelah tak lagi menjadi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjalani liburan yang menyenangkan di Kepulauan Karibia. Mantan Presiden AS ini ditantang untuk melakukan kitesurfing

PenulisSakina Rakhma Diah Setiawan
EditorAprillia Ika
SumberCNBC

Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM