Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Penumpang Bisa Gunakan Aplikasi "Indonesia Airport" untuk "Boarding Pass"

Kompas.com - 20/11/2017, 14:53 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi Indonesia Airport yang dikembangkan oleh PT Angkasa Pura II (AP II) kini bisa dipakai check-in dan mengeluarkan boarding pass elektronik (e-boarding pass), sehingga pengguna tak perlu lagi mencetaknya.

Sementara waktu ini baru satu maskapai saja yang bisa memakai fitur tersebut, yakni Garuda Indonesia.

Pelanggan Garuda Indonesia cukup check-in menggunakan aplikasi Indonesia Airport dan diperbolehkan masuk ke dalam bandara dengan menunjukkan e-boarding pass yang ditampilkan di dalam aplikasi tersebut.

"Check-in melalui Mobile Apps Indonesia Airports ini merupakan salah satu upaya AP II beserta maskapai penerbangan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. Mulai 19 November ini baru dengan Garuda Indonesia," terang Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin melalui keterangan resminya, Senin (20/11/2017).

Dia juga mengungkap bahwa dalam pengembangannya nanti, AP II berencana memasang fitur mobile check-in untuk maskapai lain di dalam aplikasi Indonesia Airports.

Harapannya, keberadaan fitur ini akan mengurangi panjang antrian di counter check-in bandara serta membuat penumpang lebih mudah mengatur waktunya.

"Awal tahun 2018 mayoritas penumpang airline lainnya juga akan dapat menggunakan fasilitas mobile check-in di platform aplikasi Indonesia Airports AP II," imbuhnya.

Pengguna Android bisa mengunduh aplikasi Indonesian Airports melalui tautan ini. Sementara itu pengguna iOS bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Penambahan fitur e-boarding pass di aplikasi Indonesia Airports merupakan bagian dari program smart airport yang sedang dijalankan AP II.

AP II juga telah mengimplementasikan beberapa konsep smart airport untuk proses on journey dan post journey pada aplikasi Indonesia Airports.

Pada pre-journey, penumpang dapat melihat detail penerbangan mereka berikut gerbang keberangkatannya, booking tiket, taksi serta dapat melihat jadwal bus, shuttle bus, hingga memesan layanan parkir inap.

Dalam pengembangan berikutnya, Indonesia Airports akan bisa menampilkan informasi terkait layanan kereta bandara.

Selain soal aplikasi, pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta itu juga telah menyediakan self check-in kiosk di Terminal 3 Keberangkatan, sehingga penumpang memiliki pilihan proses check-in yang lebih mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com