Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di China, Pesawat Boeing 747 Dilelang Secara "Online"

Kompas.com - 23/11/2017, 12:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNNMoney

HONGKONG, KOMPAS.com - Sebanyak tiga unit pesawat kargo Boeing 747 dijual pada pekan ini di China. Yang menarik, penjualan pesawat tersebut dilakukan secara daring melalui situs belanja terkemuka milik Alibaba, Taobao.

Mengutip CNN Money, Kamis (23/11/2017), raksasa logistik China SF Express membeli dua unit pesawat tersebut dengan harga 320 juta yuan atau 48,3 juta dollar AS. Sementara itu, kata juru bicara Alibaba, satu unit pesawat sisanya tak terjual melalui lelang daring lantaran hanya ada satu pembeli.

Sebanyak enam kali pelelangan secara offline untuk menjual pesawat tersebut selama dua tahun terakhir gagal menjaring pembeli. Namun, penjualan pesawat tersebut langsung terjadi setelah diunggah di Taobao awal pekan ini.

Penjualan tersebut dilakukan sejalan dengan langkah Boeing menghentikan produksi 747 karena lemahnya permintaan. Pesawat tersebut pernah menjadi pesawat penumpang terbesar di dunia.

Baca juga: Garuda Indonesia Pensiunkan Pesawat Boeing 747-400

Boeing telah menghentikan produksi 747 untuk pesawat penumpang. Akan tetapi, Boeing menyatakan akan terus memproduksi 747 untuk keperluan pesawat kargo dalam beberapa tahun ke depan.

Alibaba menyatakan, ketiga pesawat tersebut sebelumnya dimiliki oleh Jade Cargo International. Maskapai tersebut dinyatakan bangkrut pada tahun 2013 silam.

Ketiga pesawat itu ditempatkan pada seksi khusus di Taobao, di mana perusahaan-perusahaan yang bangkrut bisa melelang aset mereka. Pembeli potensial diminta menempatkan deposit sebesar 6,7 juta yuan atau 1 juta dollar AS agar bisa ikut lelang.

Ini adalah pertama kalinya pesawat sebesar Boeing 747 dilelang lewat Taobao. Pada tahun 13 lalu, Taobao mulai menjual pesawat kecil secara daring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com