Perbankan Mulai Realisasi Penggunaan Cip di Kartu ATM - Kompas.com

Perbankan Mulai Realisasi Penggunaan Cip di Kartu ATM

Kompas.com - 14/02/2018, 11:49 WIB
IlustrasiTHINKSTOCK Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa bank mencatat perkembangan bagus dalam implementasi penerapan teknologi cip dalam kartu debet. Hal ini karena tiga tahun lagi pada akhir 2021 seluruh bank harus mengimplementasikan teknologi ini.

Direktur BCA Santoso Liem bilang, saat ini jumlah kartu debet yang sudah menggunakan teknologi cip sebanyak 4 juta kartu. "Sejak awal 2018, seluruh mesin EDC kami sudah bisa menggunakan teknologi cip," kata Santoso kepada Kontan.co.id, Rabu (14/2).

Lani Darmawan, Direktur Konsumer Bank CIMB Niaga mengaku siap memenuhi aturan BI ini. "Kami siap sesuai ketentuan regulasi pada waktunya," kata Lani.

BI telah menetapkan jadwal penerapan teknologi cip dan PIN online 6 digit pada kartu ATM/debit. Agar terasa ringan, BI membentuk empat tahapan kewajiban pelaksanaan teknologi cip dan PIN 6 digit pada kartu ATM/debit dengan jangka waktu 4,5 tahun.

Tahap pertama, implementasi 30 persen kartu ATM/debit berteknologi cip dan PIN 6 digit dengan batas waktu 31 Desember 2018.

Tahap kedua, implementasi 50 persen kartu ATM/debit berteknologi cip dan PIN 6 digit dengan batas waktu 31 Desember 2019.

Tahap ketiga, implementasi 80 persen kartu ATM/debit berteknologi cip dan PIN 6 digit dengan batas waktu 31 Desember 2020, dan tahap keempat, implementasi 100 persen kartu ATM/debit berteknologi cip dan PIN 6 digit dengan batas waktu 31 Desember 2021. (Galvan Yudistira)

Berita ini diambil dari Kontan.co.id dengan judul: Perbankan mulai mengejar realisasi penggunaan kartu cip


Komentar
Close Ads X