Bekraf Cari 100 Pengusaha Startup Bidang Kuliner - Kompas.com

Bekraf Cari 100 Pengusaha Startup Bidang Kuliner

Kompas.com - 14/02/2018, 20:00 WIB
Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo saat sosialisasi FSI di Medan, Rabu (14/2/2018)KOMPAS. com/MEI LEANDHA Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo saat sosialisasi FSI di Medan, Rabu (14/2/2018)

MEDAN, KOMPAS.com – Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) memiliki program Food Startup Indonesia (FSI) untuk menjaring 100 pengusaha rintisan atau startup di bidang kuliner pada tahun ini.

Untuk itu, Bekraf berkeliling ke semua kota di Indonesia untuk melakukan penjaringan. Target jangka pendek, Bekraf akan menyambangi 10 kota di Indonesia dengan kota Medan di Sumatera Utara sebagai kota pembuka.

Nantinya, startup yang terjaring akan didampingi Bekraf untuk mengembangkan usahanya. Selain itu, startup yang datang ke sosialisasi FSI di 10 kota di Indonesia akan mendapat penjelasan soal proses pendaftaran Demoday FSI 2018.

"Startup kuliner merupakan salah satu sektor yang sangat berpotensi dalam perekonomian Indonesia. Menjadi bidang yang sangat mendominasi di Bekraf," kata Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo di Medan, Selasa (13/2/2018).

Baca juga : Di Bandung, Bekraf Rancang Kitab Suci Pengembangan Bisnis e-Commerce

Menurut dia, pada 2016, sebanyak 43 persen dari Rp 922 triliun nilai ekonomi kreatif, berasal dari sektor kuliner.

Sektor kuliner saat ini tidak hanya sekedar usaha menjual makanan namun berkembang menjadi kebutuhan gaya hidup masyarakat 'zaman now'.

Bekraf tidak pernah membatasi jenis-jenis kuliner yang ingin mendaftar dalam Demoday FSI 2018 yang berlangsung hingga 26 Juli 2018 nanti.

"Para startup yang terdaftar akan dikurasi Bekraf hingga terpilih 100 startup terbaik. Mereka akan mengikuti proses expo pada 27 sampai 29 Juli 2018," ucap Fadjar.

Kemudian, setelah menjalani proses mentorship pada 30 hingga 31 Juli 2018, akan dipilih tiga startup terbaik saat final pitching pada 1 Agustus 2018 mendatang.

FSI adalah platform yang dibuat Bekraf sebagai ekosistem terintegrasi untuk subsektor kuliner. Para pengusaha rintisan di Indonesia dapat bergabung untuk melakukan konsultasi mengenai usaha yang tengah dibangunnya.

Pada 2017, platform FSI yang diinisiasi Deputi Akses Permodalan Bekraf berhasil mendata 2.005 data pelaku ekonomi kreatif kuliner. Dari jumlah tersebut, 150 diantaranya telah dikurasi Bekraf.

Setelah Kota Medan, sosialisasi akan dilanjutkan ke sembilan kota lain yaitu: Bandung pada 20 Februari, Makassar pada 23 Februari, Belitung di 27 Februari. Kemudian Semarang pada 1 Maret, Banjarmasin pada 6 Maret, Malang pada 9 Maret, Yogyakarta pada 13 Maret, Surabaya di 20 Maret, penutup di Mataram pada 23 Maret 2018.

Para peserta yang ingin tahu lebih jelas bisa membuka situs www.foodstartupindonesia.com.

Kompas TV Saat ini semakin banyak start up aplikasi internet baru yang menghubungkan pengguna jasa dengan penyedia jasa. Kini bisnis startup di Indonesia berkembang pesat dengan bermunculannya ide-ide baru berbasis digital dalam bentuk aplikasi. Tidak hanya layanan jasa profesional startup juga menggarap berbagai kebutuhan sehari-hari target pasarnya.


Komentar
Close Ads X