Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur BI: Terobosan Kebijakan Trump Membuat Dunia Kaget

Kompas.com - 21/02/2018, 14:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyoroti kebijakan pemerintahan AS yang dipimpin Presiden Donald Trump. Menurut Agus, kebijakan Trump tersebut kerap kali menimbulkan kepanikan dunia.

"Kebijakan baru presiden AS, Presiden Trump membuat terobosan-terobosan yang membuat dunia kaget," kata Agus saat menyampaikan kuliah umum di Perbanas Institute di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Agus menyebutkan, kebijakan Trump yang terakhir adalah terkait penurunan pajak. Pemerintah AS mengurangi pajak korporasi dan individu secara drastis.

Berbagai pertanyaan pun muncul pasca diterbitkannya kebijakan pemangkasan pajak tersebut. Sebab, apabila penerimaan pajak dikurangi karena pajak diturunkan, kecukupan pembiayaan fiskal dipertanyakan.

Baca juga: Dirut BEI Sebut Pernyataan Donald Trump Menakutkan

"Apakah nanti pembiayaan fiskal mencukupi? Kelihatannya pengeluarannya tidak dikurangi, malah ditambah, mau membiayai infrastruktur dan militer," ucap Agus.

Secara umum sebut Agus, dampak kebijakan AS terhadap perekonomiannya sendiri dan dunia menimbulkan ketidakpastian. Sejumlah ketidakpastian tersebut antara lain kebijakan pajak dan kemungkinan kenaikan suku bunga acuan AS.

Di samping itu, defisit fiskal AS pun dikhawatirkan bakal membesar. Pertanyaan yang muncul adalah pembiayaan defisit tersebut.

"Defisit fiskal AS akan membesar, harus dibiayai dengan menambah utang. Siapa yang membeli utang? Nanti bunga harus naik. Bunga yang akan naik akan jadi ancaman dunia," tutur Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com