Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank DKI Salurkan Fasilitas Kredit ke 70 UMKM Binaan OKE OCE

Kompas.com - 23/04/2018, 20:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank DKI, bank milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menyalurkan kredit kepada 70  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mengikuti program kewirausahaan One Kecamatan One Center Entrepenuership atau OK OCE. 

Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi mengatakan, pemberian kredit ini merupakan dukungan bank kepada pengembangan UMKM di DKI Jakarta. 

"Kredit secara massal ini diberikan dengan maksimal plafon per debitur mencapai Rp 10 juta dengan tingkat bunga 7 persen," kata Kresno melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (23/4/2018).

Fasilitas kredit yang diberi nama kredit Monas Pemula tersebut diklaim Kresno bisa menjadi solusi bagi pelaku UMKM yang baru memulai usahanya.

Baca juga : Bank DKI Salurkan Kredit ke 72 Anggota OK OCE

Pasalnya, bunga 7 persen yang diberlakukan dalam kredit Monas Pemula sama dengan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditetapkan pemerintah pada awal tahun ini.

"Monas Pemula dapat digunakan baik untuk modal kerja maupun investasi produktif dengan maksimal plafon kredit Rp10 Juta dan jangka waktu sampai dengan 18 bulan," imbuh Kresno.

Adapun penyaluran kredit Monas Pemula ini hanya diberikan kepada peserta OK OCE yang sudah melewati enam dari tujuh tahapan dalam program OK OCE.

Penyaluran kredit ini disebut Kresno sebagai bentuk sinergi positif OK OCE untuk memperluas penyaluran kredit kepada UMKM khususnya di Jakarta.

Baca juga : Bank DKI Catat Laba Bersih Rp 712,17 Miliar

Ke depannya, jumlah UMKM binaan OK OCE yang mencapai ribuan peserta diharapkan bisa menjadi basis customer Bank DKI.

"Sebagai BUMD DKI Jakarta, Bank DKI senantiasa mendukung program OK OCE untuk memajukan perekonomian masyarakat khususnya dalam mengembangkan sektor UMKM di Jakarta," sambung Kresno.

Di sisi lain, Bank DKI meraih pertumbuhan penyaluran kredit mikro cukup signifikan pada tahun ini. Penyaluran kredit mikro Bank DKI hingga Maret 2018 tumbuh lebih tinggi 58,6 persen dibanding periode sama pada 2017.

"Penyaluran kredit mikro tumbuh signifikan sebesar 58,6 persen dari Rp 325 miliar per Maret 2017 menjadi Rp 516 miliar per Maret 2018. Peningkatan ini didorong oleh ekspansi jaringan kantor Bank DKI di pasar-pasar DKI Jakarta," pungkas Kresno.

Kompas TV Pengelolaan program ini sepenuhnya di tangan Dinas Koperasi dan UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com