Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Mudik, Baru 10 Persen Bus Pariwisata yang Lakukan Uji Kelaikan

Kompas.com - 15/05/2018, 22:07 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan mewajibkan bus-bus yang digunakan untuk arus mudik Lebaran 2018 melakukan ramp check atau uji kelaikan. Terutama, bagi armada bus pariwisata yang akan digunakan saat musim libur Lebaran.

"Semua kendaraan sebelum dipakai untuk angkutan mudik harus melakukan ramp cek. Kalau secara rutin sudah kita lakukan di terminal. Tapi kita concern bus-bus pariwisata yang pada saat operasional tidak masuk terminal," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Budi menyampaikan, sejauh ini baru 780 armada bus yang telah dilakukan ramp check. Dari 780 bus, 114 diantaranya dinyatakan tak laik jalan.

"Masih dibawah 10 persen (bus yang dilakukan ramp check). Kita masih berjalan terus. Target saya minggu pertama bulan Juni sudah 70-80 persen lah," kata Budi.

Budi menuturkan, bus yang dinyatakan tak laik jalan bisa melakukan perbaikan. Nantinya bus tersebut bisa melakukan uji kelaikan lagi.

"Tetapi kan yang tidak laik nanti diperbaiki lalu diperiksa kembali. Yang sudah ramp cek ada stiker khusus," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com