Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan Ancam Cabut Izin Pedagang yang Naikkan Harga Bahan Pangan

Kompas.com - 21/05/2018, 16:33 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengancam akan mencabut izin para pedagang yang menaikkan harga komoditas pangan selama bulan Ramadhan.

"Kalau ada yang menaikkan harga yang hubungannnya dengen Kementan khususnya bawang putih dan daging maka akan kami cabut izinnya sehingga tidak bisa lagi berbisnis di sektor pertanian," tegas Amran saat ditemui di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jakarta, Senin (21/5/2018).

Baca: Menko Darmin Jamin Harga Pangan Akan Stabil saat Ramadhan

Amran juga memastikan tidak akan ada kenaikan harga pada beberapa komoditas pangan lainnya seperti beras, telur ayam, bawang merah, ayam potong, dan cabai.

Kepastian itu dikatakan Amran sebab saat ini Kementan telah menambah stok ketersediaan bahan pangan untuk bulan Ramadhan dan jelang Lebaran.

Oleh karena itu, Amran mengimbau kepada pedagang untuk tidak menaikkan harga komoditas pangan tersebut.

"Stok pangan sekali lagi saya sampaikan ke masyarakat indonesia bahwa saat ini lebih dari cukup. Kami sudah siapkan stok itu sekitar 20 persen sampai 30 persen dari normal untuk bulan Ramadan," tutur dia.

Hingga awal Ramadan ini, harga sejumlah komoditas pangan relatif stabil. Harga daging sapi sekitar Rp 120.000 per kilogram.

Baca: Alasan Harga Pangan Selalu Naik Jelang Hari Raya...

Untuk ayam potong dijual dengan kisaran harga Rp 50.000 hingga Rp 80.000 per ekor. Sementara cabai merah, bawang putih, dan bawang merah stabil pada harga Rp 40.000 sampai Rp 45.000 per kilogram.

Sedangkan untuk beras dijual dengan harga eceran tertinggi (HET) mulai dari Rp 8.500 hingga Rp 11.000 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com