Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I, Pertamina Selesaikan Pengeboran 6 Sumur Eksplorasi

Kompas.com - 29/05/2018, 14:20 WIB
Mutia Fauzia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mencatatkan, pada triwulan I/2018 telah melakukan pengeboran 6 sumur melalui 3 anak perusahaan di sektor hulu, Pertamina Eksplorasi Produksi (PEP), Pertamina Hulu Energi (PHE), dan Pertamina Geothermal Energy (PGE).

Selain itu, Pertamina juga akan melaksanakan program prioritas sektor hulu berupa pengeboran eksplorasi 27 sumur dengan target temuan sumberdaya (2C) sebesar 556 juta barrel setara minyak (MMBOE). 

"PEP telah menyelesaikan survei Seismic 2D sepanjang 3 km dan Survei Seismic 3D sepanjangan 282 km persegi. Sementara Pertamina Hulu Energi (PHE) menemukan sumber daya 2C sebesar 40 MMBOE," ujar Vice President Corporate Communications Pertamina Adiatma Sardjito dalam keterangannya, Selasa (29/5/2018).

Baca juga: Pertamina Jadikan Batam sebagai Pusat Ekspor Base Oil

Menurut Adiatma, PEP juga telah mencatat temuan cadangan migas baru pada tahun 2017 di struktur Parang-1 yang merupakan bagian dari  Blok Nunukan, Kalimantan Utara dan berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Struktur tersebut memiliki potensi produksi migas sebesar 569 MMBOE, masing-masing minyak sebesar 374 MMBO dan Gas sebesar 1136 BCF.

"Kita patut bersyukur, karena temuan Parang jadi salah satu dari 10 besar temuan migas 2017 di Asia-Pasifik,” katanya.

Sebagai informasi, saat ini, pemegang hak partisipasi di blok Nunukan terdiri dari PHE sebesar 64,5 persen, selebihnya BPRL Ventures Ind BV sebesar 12,5 persen, dan Videocon Indonesia Nunukan Inc sebesar 23 persen.

Kompas TV Kenaikan harga minyak mentah dunia dikhawatirkan berdampak luas pada data makro ekonomi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com