Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Suntikan Modal, Shopee Fokus Kembangkan Bisnis di Indonesia

Kompas.com - 20/06/2018, 16:24 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera,
Kurniasih Budi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform e-commerce Shopee mendapat suntikan modal untuk pengembangan bisnisnya dari induk perusahaannya, Sea Limited atau SE, sebesar 575 juta dollar AS.

Tambahan modal itu diterima dari hasil penjualan surat utang yang dikonversi menjadi saham (convertible notes) sebesar 2,25 persen hingga 2023.

"Sea berencana menggunakan dana yang didapat untuk memajukan pertumbuhan bisnis di kawasan, termasuk pertumbuhan platform e-commerce Shopee di pasar-pasar utama seperti Indonesia," kata Presiden Direktur sekaligus CEO Grup Sea, Forrest Li, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (20/6/2018).

Li menjelaskan, awalnya Sea meningkatkan besaran penawaran dari, angka pertama senilai 400 juta dollar AS jadi 500 juta dollar AS.

(Baca: Transaksi di Shopee Meningkat Lima Kali Lipat Ramadhan Tahun Ini)

Belakangan, Sea turut menawarkan opsi greenshoe sebesar 15 persen untuk para pembeli pertama yang kemudian membuat penawaran berkembang sampai 575 juta dollar AS.

Menurut Li, bisnis Shopee berkembang pesat, bahkan melebihi ekspetasi yang telah diukur sebelumnya. Perusahaan juga disebut dapat beroperasi lebih efisien yang sejalan dengan pertumbuhannya.

"Melalui tambahan dana untuk menyokong inovasi, kami percaya Shopee akan terus berkembang. Sejalan dengan ini, kami terus menyempurnakan fitur-fitur di platform, layanan, dan pilihan produk untuk menjawab kebutuhan dan permintaan pengguna di kawasan," tutur Chief Executive Officer Shopee, Chris Fang, secara terpisah.

Proyeksi pertumbuhan

Berdasarkan riwayat sejak awal tahun, Shopee mencatat perolehan gross merchandise value (GMV) sebesar 1,9 miliar dollar AS pada kuartal I 2018.

Perolehan tersebut tumbuh 199,5 persen dibanding periode yang sama tahun 2017.

Adapun nilai GMV Shopee diproyeksi ada pada kisaran 8,2 hingga 8,7 miliar dollar AS sepanjang 2018.

Proyeksi tersebut sekaligus mencerminkan pertumbuhan yang diperkirakan sekitar 99,4 persen sampai 111,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com