Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Bunga Mungkin Naik Lagi, Investor Pantau RDG BI

Kompas.com - 28/06/2018, 10:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) bulan Juni bakal digelar pada Kamis dan Jumat (28-29 Juni 2018). Salah satu agenda RDG tersebut adalah membahas kenaikan suku bunga acuan BI.

Research Analyst FXTM Lukman Otunuga menyebutkan bahwa RDG BI akan menjadi perhatian para investor. Mereka menanti keputusan RDG tersebut terkait suku bunga acuan.

"Perhatian investor akan tertuju pada rapat kebijakan Bank Indonesia hari ini untuk melihat apakah Bank Indonesia akan kembali meningkatkan suku bunga acuan sebesar 25 bps lagi," ucap Lukman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/6/2018).

Kemungkinan tersebut dikatakan Lukman sangat terbuka lebar lantaran BI mesti membuat kebijakan guna menyelamatkan rupiah yang terus melemah terhadap dollar Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, pada Mei lalu, BI telah menaikkan suku bunga acuan sebanyak dua kali untuk menyelamatkan rupiah dari apresiasi dolar serta menarik arus masuk modal.

"Karena depresiasi rupiah terutama terjadi karena faktor eksternal, BI mungkin memperketat kebijakan lagi untuk membantu mata uang domestik," kata Lukman.

Lukman meyakini dengan terangkat oleh prospek kenaikan suku bunga Fed dan ketidakpastian geopolitik, dollar AS akan terus menguat terhadap mata uang pasar berkembang, tak terkecuali rupiah.

Hal itu terbukti pada saat pembukaan perdagangan Kamis pagi, rupiah telah menyentuh level Rp 14.173 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com