Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirNav Buka Bandara Palu untuk Pesawat Hercules dan ATR

Kompas.com - 29/09/2018, 13:05 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - AirNav Indonesia mengonfirmasi bahwa penerbangan di Bandara Mutiara Sis Al-Jufri Palu telah dibuka kembali. Sebelumnya, operasional bandara tersebut ditutup pasca-gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Sulawesi Tengah dan sekitarnya pada Jumat (28/9/2018).

"AirNav Indonesia telah menerbitkan Notam terbaru yang membuka kembali penerbangan di Bandara Mutiara SiS Al-Jufri, Palu. Pembukaan bandara ini bersifat khusus hanya untuk emergency, SAR dan kemanusiaan," kata Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto dalam pernyataan resminya, Sabtu (29/9/2018).

Airnav juga menyatakan bahwa runway Bandara Mutiara Sis Al-Jufri yang bisa digunakan hanya sepanjang 2.000 meter dari total 2.250 meter.

Pasalnya, 250 meter sisanya mengalami keretakan cukup parah akibat guncangan gempa kemarin.

"Itu artinya untuk pesawat Hercules dan ATR masih aman untuk dapat mendarat di runway tersebut. Layanan navigasi penerbangan yang kami berikan dapat berjalan dengan baik,” imbuh Novie.

Adapun layanan navigasi dilakukan dengan prosedur VFR atau Visual Flight Rules.

Di sisi lain, Novie juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengirim personel tambahan untuk memberikan layanan navigasi penerbangan di Palu.

AirNav Indonesia, kata Novie, telah memberangkatkan personel dari Kantor Cabang Makassar keperluan tersebut. Personel yang diberangkatkan adalah sebanyak 11 orang yang terdiri dari lima personel ATC, empat ersonel teknik telekomunikasi, satu personel teknik listrik, dan satu personel ARO. Tim dari Makassar juga membawa genset dan bahan bakar.

"Mereka yang dikirim kami utamakan yang familiar dan pernah berdinas di Bandara Palu. Selain itu, beberapa peralatan seperti mobile tower dan genset juga kami kirimkan agar layanan navigasi penerbangan dapat diberikan secara optimal dan arus bantuan kemanusiaan dapat berjalan berjalan dengan lancar,” pungkas Novie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com