Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Stasiun yang Dimodernisasi Beroperasi Akhir 2018

Kompas.com - 23/10/2018, 07:48 WIB
Ridwan Aji Pitoko,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri menyatakan akan mengoperasikan lima stasiun yang telah dimodernisasi pada akhir tahun ini.

Kelima stasiun yang telah dimodernisasi tersebut berada pada lintas Manggarai-Bekasi.

"Lima stasiun itu adalah Klender, Buaran, Klender Baru, Cakung, dan Kranji," kata Zulfikri dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (22/10/2018).

Pengoperasian lima stasiun yang telah dimodernisasi itu melengkapi operasional double-double track atau DDT segmen Jatinegara-Kranji yang ada di lintas Manggarai-Bekasi.

Baca juga: Kemenhub Bakal Benahi Pelabuhan Supaya seperti Bandara dan Stasiun


Adapun proyek DDT yang bisa beroperasional akhir 2018 ini baru hanya dari Stasiun Manggarai hingga Stasiun Cakung.

Terkait hal tersebut, Zulfikri menambahkan bahwa pengoperasian DDT telah lama dinanti masyarakat. Pasalnya, DDT itu akan cukup membantu arus lalu lintas kereta, terutama KRL yang menuju Bogor dan Bekasi. 

"Sudah lama dan tidak selesai-selesai, tetapi secara parsial sudah dimanfaatkan tahun lalu sudah mengoperasikan KRL sampai Cikarang," sebutnya.

Selain lima stasiun tersebut, Kemenhub juga akan turut mengoperasikan stasiun yang telah dimodernisasi di lintas Tanah Abang-Rangkasbitung.

"Stasiun itu adalah Citeras. Keberadaannya juga melengkapi rencana pengoperasian jalur ganda untuk KRL ke Rangkasbitung," kata Zulfikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com