Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMF Siapkan Program KPR untuk ASN Terdampak Bencana di Lombok

Kompas.com - 21/01/2019, 18:48 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) akan membuat program pembiayaan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk masyarakat yang terdampak bencana.

Sebagai permulaan, program ini diperuntukan hanya untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang wilayahnya terdampak bencana gempa dan tsunami seperti di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Untuk tahap awal, program ini akan diperuntukkan bagi 3.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkena dampak bencana alam di Lombok," ujar Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Baca juga: SMF Salurkan Pembiayaan untuk KPR Sebesar Rp 9,8 Triliun di 2018

Ananta menambahkan, SMF akan bekerjasama dengan Bank NTB Syariah sebagai lembaga penyalur pembiayaan KPR pascabencana.

"Tidak menutup kemungkinan wilayah (terdampak bencana) lain akan kita terapkan juga," kata Ananta.

Ananta menjelaskan, program KPR SMF pascabencana adalah program yang ditujukan perseroan dalam rangka membantu meringankan beban pemerintah untuk merevitalisasi pemukiman masyarakat pasca bencana alam di Indonesia.

Baca juga: Dorong Ketersediaan Pasokan Rumah, SMF Luncurkan SOP Modal Kerja Konstruksi

Selain itu, pada tahun 2019 SMF juga akan mengadakan program pembangunan rumah di daerah kumuh di 32 kota. SMF akan bersinergi dengan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR melalui program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) untuk turut serta mengatasi daerah kumuh melalui renovasi/pembangunan rumah.

Pembangunan rumah di daerah kumuh tersebut nantinya akan bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) atau Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui ketersediaan hunian yang layak, serta menciptakan lingkungan rumah yang sehat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com