Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut Optimistis Pertamina Akuisisi 2 Lahan Minyak di Iran

Kompas.com - 09/08/2017, 16:30 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan optimistis PT Pertamina akan memenangkan tender untuk mengakuisisi dua lahan minyak di Iran yakni Ab-Teymour dan Mansouri.

"Blok ke dua yah, ada saingan dua perusahaan. Tapi keputusan itu, empat bulan ke depan baru keluar. Saya optimis Pertamina menang tender, karena saya bertemu beberapa menterinya dan mereka memberikan sinyal oke," kata Luhut kepada wartawan di Makassar, Rabu (9/8/2017).

Menurut Luhut, dua lahan tersebut memiliki total cadangan minyak mencapai 3 miliar barel. Namun ia mengungkapkan, dalam waktu dekat Pertamina akan menggarap satu lapangan terlebih dahulu yakni Mansouri.

"Cadangan minyak di Mansouri itu mencapai 1,5 miliar barel. Wamen sudah ada kesana dan laporannya, good news kok katanya," tuturnya.

(Baca: Kilang Pertamina Balikpapan Mulai Produksi Solar Baru Ramah Lingkungan)

Luhut mengungkapkan, Pertamina juga memiliki dua perusahaan saingan yang berminat mengembangkan kedua lapangan migas tersebut.

Dua perusahaan yang ikut mengantri di ladang besar tersebut, yakni Lukoil asal Rusia dan Maersk asal Denmark.

"Belum ada keputusan dari Pemerintah Iran soal pemenang tender. Khusus untuk lahan Mansouri, sudah hampir pasti dimenangkan Pertamina. Mungkin akan segera didirikan, yah bantu doalah mudah-mudahan dalam dua bulan ke depan sudah ada kepastian," ujarnya.

Kompas TV Dualisme kepemimpinan di perusahaan minyak pelat merah, Pertamina, berujung pada pencopotan. Perombakan jajaran direksi Pertamina ini terjadi di saat Pertamina menghadapi sejumlah tugas besar, dan di tengah rencana investasi raksasa di bidang migas.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com