Tak Ada Hiburan di Dalam Pesawat AirAsia, Ini Alasannya...

Kompas.com - 15/08/2017, 12:28 WIB
AirAsia Premium Red Lounge yang berada di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2. Kompas.com/Kurnia Sari AzizaAirAsia Premium Red Lounge yang berada di Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2.
|
EditorAprillia Ika

MACAU, KOMPAS.com - AirAsia Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan yang tidak disertai dengan fasilitas entertainment atau hiburan di dalamnya. Seperti contohnya, layar di bagian belakang kursi yang dapat menayangkan film maupun memutar musik.

Dalam perbincangannya dengan Kompas.com di Macau International Airport beberapa waktu lalu, Direktur Niaga AirAsia Indonesia Rifai Taberi menjelaskan pihaknya membutuhkan investasi tinggi untuk memasang fasilitas entertainment di dalam pesawat.

"Karena kami konsepnya low cost carrier, dan konsep kami adalah menyediakan jasa transportasi untuk memindahkan orang dari titik A ke titik B," kata Rifai.

Jika maskapai menyediakan seluruh kebutuhan penumpang, lanjut dia, membutuhkan biaya tinggi. Sedangkan kebutuhan tiap penumpang berbeda-beda.

Tidak semua penumpang, kata dia, membutuhkan fasilitas entertainment. Sedangkan penyediaan fasilitas entertainment itu harus dapat diserap oleh semua penumpang.

"Takutnya malah nanti menjadi beban cost, kemudian kami enggak bisa menawarkan tarif hemat dan terjangkau kepada penumpang. Karena menurut kami, travelling itu mengenai planning dan pilihan," kata Rifai.

Menurut dia, ada penumpang yang naik pesawat dalam rangka bisnis. Ada pula penumpang yang naik pesawat untuk bersenang-senang dengan keluarganya. Kebutuhan tiap penumpang ini berbeda-beda.

Penumpang sebagai pebisnis biasanya tak membutuhkan bagasi. Sebaliknya, ketika penumpang berjalan-jalan bersama keluarganya pasti akan membutuhkan bagasi.

Rifai menjelaskan, maskapai menyediakan tarif hemat sesuai kebutuhan orang, bukan kebutuhan sehari-hari.

"Kami menyediakan, kamu beli tiketnya. Tapi yang lainnya terserah kamu mau beli apa enggak, itu tergantung kebutuhan kamu. Ini kan konsep yang kami tawarkan, low cost," kata Rifai.

Sementara ini, baru pesawat AirAsia Malaysia yang sudah tersedia fasilitas entertainment atau inflight entertainment bernama Rokki.

Penumpang dapat tersambung dengan fasilitas Wi-Fi dari dalam pesawat. Mereka dapat streaming video, koneksi internet, dan lain-lain.

"Untuk Indonesia, kami sedang eksplor menjalankan itu. Karena planningnya juga butuh equipment segala macam, jadi tunggu tanggal mainnya saja," kata Rifai.

Kompas TV Beragam jenis teknologi seperti pesawat dan kendaraan militer dihadirkan di acara yang digelar oleh Badan Ekonomi Kreatif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.