Trump Sumbang Rp 13,3 Miliar untuk Korban Badai Harvey

Kompas.com - 02/09/2017, 11:30 WIB
|
EditorMuhammad Fajar Marta

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump berjanji menyumbangkan 1 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 13,3 miliar untuk membantu para korban badai Harvey. Dana tersebut dikeluarkan dari kekayaan pribadi Trump.

Pernyataan tersebut dikonfirmasi oleh sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders. Menurut dia, Trump belum memutuskan ke organisasi mana dana tersebut akan disumbangkan. Menurut Sanders, Trump memintanya untuk bertanya kepada para awak media agar mendapatkan saran. Pasalnya, para jurnalis kerap meliput organisasi amal dan upaya-upaya donasi yang dilakukan untuk membantu korban bencana tersebut.

"Ia akan menyumbang 1 juta dollar AS dari uang pribadinya untuk membantu para warga baik di Texas maupun Louisiana," ujar Sanders seperti dikutip dari CNBC, Sabtu (2/9/2017).

Ini bukan pertama kalinya Trump menyumbangkan gaji maupun uang pribadinya untuk kegiatan sosial. Ia mendonasikan gaji pertamanya sebagai Presiden AS ke Layanan Taman Nasional AS dan gaji keduanya untuk kegiatan di Departemen Pendidikan AS.

Trump dan Ibu Negara Melania Trump bertolak ke Texas dan Louisiana setelah sebelumnya mengunjungi Corpus Christi, Texas untuk bertemu dengan para korban maupun petugas yang membantu mereka.

Adapun Wakil Presiden Mike Pence bertolak ke wilayah terdampak bencana badai tersebut di Rockport, Texas. Sumbangan yang dilakukan Trump ini merupakan salah satu komitmen finansial terbesar yang dilakukan presiden AS untuk kegiatan amal.

Sanders tidak menjelaskan apakah dana tersebut berasal dari dana pribadi Trump atau yayasan amalnya, Trump Foundation. Trump pernah mengestimasi kekayaannya mencapai lebih dari 10 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.