14 Bank Resmi Layani E-Samsat

Kompas.com - 08/09/2017, 10:41 WIB
Antrian panjang terjadi di Kantor Samsat Jakarta Timur,  Jalan DI Panjaitan, pada Kamis (31/8/2017).  Antrian yang terjadi merupakan keramaian masyarakat yang hendak  menggunakan program pengampunan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Program tersebut akan berakhir pada Kamis hari ini. Kompas.com/David Oliver PurbaAntrian panjang terjadi di Kantor Samsat Jakarta Timur, Jalan DI Panjaitan, pada Kamis (31/8/2017). Antrian yang terjadi merupakan keramaian masyarakat yang hendak menggunakan program pengampunan denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Program tersebut akan berakhir pada Kamis hari ini.
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Sebanyak 14 bank resmi ditunjuk sebagai penyelenggara e-samsat nasional. Penunjukkan ini merupakan tahap awal yang akan diperluas ke beberapa bank lain.

Peresmian 14 bank sebagai penyelenggara e-samsat nasional ini dilakukan dalam acara penandatanganan kerja sama (MoU) antara perbankan dengan Polri, Kemendagri dan PT Jasa Raharja.

Keempat belas bank ini terdiri dari tujuh bank umum dan tujuh bank daerah. Dari tujuh bank umum ini sebanyak empat bank berasal dari BUMN dan tiga bank berasal dari swasta.

Empat bank BUMN yang hadir dalam penandatangan kerja sama ini adalah Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Tiga bank swasta di antaranya BCA, Bank CIMB Niaga dan Bank Permata.

Sedangkan 7 BPD yang masuk sebagai penyelenggara e-samsat nasional di antaranya adalah BPD Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur dan Bali.

Fahmi Bagus Mahesa Direktur Utama Bank Banten bilang, masuknya Bank Banten sebagai program e-samsat nasional merupakan wujud keseriusan bank dalam melayani masyarakat.

"Agar pembayaran pajak bermotor, pengesahan STNK dan balik nama bisa lebih mudah," kata Fahmi ketika ditemui di acara, Kamis (7/9/2017).

Dengan e-samsat nasional ini diharapkan akan semakin banyak transaksi terkait pembayaran pajak bermotor. Dengan sisem yang terintegrasi secara nasional diharapkan bisa mengefisiensikan waktu pelayanan.

Adi Sulistyowati, Direktur BNI bilang, BNI E-Samsat merupakan inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui channel ATM.

"Dengan layanan ini akan terwujud peningkatan pelayanan publik Samsat, mulai dari pendaftaran, penetapan, dan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)," kata Susi panggilan akrabnya, Kamis (7/9/2017).

Selain itu dengan E-Samsat BNI dapat juga melakukan pembayara di sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ), hingga penerimaan negara bukan pajak (PNBP) pengesahan surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

Dengan BNI E-Samsat, selain bank bisa berperan ke penerimaan pajak negara, BNI juga bisa mendapatkan pendapatan non bunga atau fee based dari transaksi ini. Selain itu menurut Susi, program E-Samsat nasional akan memberikan banyak manfaat bagi pemilik kendaraan. (Galvan Yudistira)

Berita ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul "14 bank ditunjuk sebagai penyelenggara e-samsat" pada Kamis (7/9/2017)

Kompas TV Empat hari sudah aktivitas nasabah dalam penggunakan mesin ATM terganggu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X