Sindiran Jokowi buat IPB dan Paradoks Pertanian Indonesia

Kompas.com - 18/09/2017, 17:40 WIB
Petani menyemprotkan obat pembasmi hama di Dusun Turi, Desa Giripeni, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (6/2/2013). Kondisi cuaca yang berubah-ubah membuat petani setempat harus mengantisipasi munculnya hama dengan penyemprotan tersebut agar tetap dapat memperoleh hasil panen. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO FERGANATA INDRA RIATMOKOPetani menyemprotkan obat pembasmi hama di Dusun Turi, Desa Giripeni, Wates, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Rabu (6/2/2013). Kondisi cuaca yang berubah-ubah membuat petani setempat harus mengantisipasi munculnya hama dengan penyemprotan tersebut agar tetap dapat memperoleh hasil panen. KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO
EditorAmir Sodikin


INSTITUT Pleksibel Banget.
Gara-gara Presiden Joko Widodo, pelesetan nama untuk Institut Pertanian Bogor ( IPB) ini mencuat kembali di ingatan.

Tempat kerja lulusan IPB jadi dasar yang sama, baik untuk sindiran Jokowi maupun pelesetan nama tersebut.

"Maaf Pak Rektor. Tapi mahasiswa (lulusan) IPB banyak yang kerja di bank," kata Jokowi, saat berpidato dalam peringatan ulang tahun ke-54 kampus itu, Rabu (6/9/2017).

Sudah banyak jadi omongan—setidaknya di generasi 1990-an—rata-rata lulusan IPB adalah pekerja yang rajin, tekun, bisa masuk ke bidang kerja apa saja dengan performa menyenangkan. Sayangnya, bidang pertanian justru dianggap jadi perkecualiannya.

(Baca juga: Jokowi Sindir Lulusan IPB Banyak Kerja di Bank, Jadi Petani Siapa?)

Nah, karena Presiden sudah angkat bicara tentang itu, pengecekan resmi pun rasanya jadi perlu dilakukan. Masak data Presiden dianggap sekelas sama rumor apalagi hoaks?

Slightly (sebaran profesi lulusan IPB) berubah. Bidang pertanian—dalam arti luas—meningkat, ke perbankan menurun,” ujar Direktur Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni (PKHA) IPB, Syarifah Iis Aisyah, lewat layanan pesan, soal sebaran profesi lulusan kampusnya itu, Senin (11/9/2017).

Iis pun membagikan data lebih rinci. Persentase alumnus IPB yang bekerja di sektor perbankan dan asuransi, sebut dia, per Mei 2017 tercatat 17,85 persen. Adapun di bidang pertanian secara luas, lanjut dia, persentasenya mencapai 26,44 persen.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Sebaran Profesi Lulusan IPB

Hingga Mei 2017, kata Iis, IPB telah meluluskan 143.610 orang, baik dari S1, S2, maupun S3. Rincian sebaran profesi alumnus IPB dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

KOMPAS.com/PALUPI ANNISA AULIANI Data Rinci Sebaran Profesi Lulusan IPB

Menurut Iis, IPB juga melakukan pengecekan berkala untuk data sebaran profesi para lulusannya.

Tracer study (TS) kami lakukan setiap tahun untuk alumni yang lulus 1 tahun yang lalu, dan TS ulangan untuk yang sudah lulus 5 tahun yang lalu,” ujar Iis.

Tantangan sesungguhnya

Nah, mungkin lulusan IPB memang tak ada yang bekerja lagi jadi petani, kalau konteksnya kembali macul di sawah dalam cara semanual-manualnya seperti gambaran simplifikasi soal petani di desa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X