Kompas.com - 22/10/2017, 13:39 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti M Fajar MartaMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dianugerahi gelar adat Orlima Luar oleh Kepala Adat Negeri Lonthoir di rumah adat desa Lonthoir Banda Maluku Minggu (22/10/2017)

Prosesi pengukuhan tersebut berlangsung meriah di tengah hujan deras yang mengguyur desa Lonthoir.

Meskipun basah kuyup, senyum Susi mengembang lebar menyambut kehangatan masyarakat Lonthoir yang menyambutnya dengan gegap gempita.

“Dengan pengukuhan ini, Ibu Susi telah menjadi bagian dari masyarakat negeri Lonthoir,” kata Kepala Adat Negeri Lonthoir.

Dalam sambutannya, Susi mengaku terharu dengan penyambutan masyarakat desa Lonthoir. Susi tercatat sebagai menteri pertama dalam kabinet kerja yang datang ke desa Lonthoir.

“Belum banyak yang bisa saya berikan untuk rakyat Lonthoir. Namun, apa yang telah dilakukan pemerintah dengan memerangi illegal fishing telah membuahkan hasil berupa melimpahnya ikan di perairan Banda,” kata Susi.

Menurut Susi, dengan langkah tegas pemerintah, kini tak ada lagi kapal-kapal pencuri ikan di perairan Banda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sekarang juga menjadi tugas masyarakat untuk menjaga lautnya masing-masing dari praktik illegal fishing. Kalau ada kapal illegal fishing, laporkan ke saya,” ujar Susi.

Susi juga mengajak masyarakat Banda untuk menjadikan laut sebagai masa depan bangsa. “Juga menjadikan laut sebagai beranda halaman rumah kita,” kata Susi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.