Pantau Uji Kir Taksi Online, Menhub Masuk ke Kolong Kendaraan

Kompas.com - 05/11/2017, 19:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (empat dari kanan), Minggu (5/11/2017) mengunjungi Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Pulogadung. ?Kunjungan ini untuk melihat proses uji kelaikan atau KIR kendaraan taksi online.  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (empat dari kanan), Minggu (5/11/2017) mengunjungi Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Pulogadung. ?Kunjungan ini untuk melihat proses uji kelaikan atau KIR kendaraan taksi online. 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorLaksono Hari Wiwoho

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau uji kelaikan atau kir taksi online di Unit Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta di Pulogadung, Minggu (5/11/2017).

Budi mengunjungi tempat tersebut dengan menggunakan taksi online. Di sana mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu melihat dan mengikuti proses uji kir kendaraan yang digunakan untuk taksi online.

Ia bahkan sampai turun ke kolong kendaraan untuk memeriksa bagian bawah kendaraan yang merupakan bagian akhir dari uji kir.

(Baca juga : Menhub: Banyak Kepala Daerah Desak Realisasi Aturan Taksi Daring)

Menurut Budi, uji kir ini merupakan salah satu aturan yang wajib dilakukan untuk kendaraan komersial, termasuk taksi online.

"Kir adalah bagian yang harus dipenuhi karena ini berkaitan dengan safety," ujar Budi.

Oleh karena itu, dia menganjurkan kepada semua perusahaan penyedia aplikasi taksi online untuk menyuruh semua pengemudi untuk melakukan uji kir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami telah kerja sama dengan kepolisian, kami laporkan bahwasanya ini menjadi kewajiban. Pemerintah bersama-sama polisi juga melakukan penegakan hukum pada waktunya lagi," kata dia.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, UP PKB Pulogadung telah menerima uji kir untuk taksi online.

Ada hari khusus bagi pemilik taksi online untuk melakukan uji kir kendaraannya.

"Di sini (UP PKB) seharinya bisa tampung 300-400 kendaraan yang diuji kir. Kami berikan hari Minggu untuk kendaraan taksi online yang ingin lakukan uji kir," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.