Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada ATM Merah Putih, BNI Tak Akan Tambah Mesin ATM pada 2018

Kompas.com - 08/11/2017, 17:01 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menyatakan belum berencana untuk menambah jumlah anjungan tunai mandiri (ATM) pada tahun 2018 mendatang.  Hal ini karena bank pelat merah tersebut telah bergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara) yang memiliki ATM bersama bernama ATM Merah Putih.

Direktur Bisnis Menengah BNI Putrama Wahyu Setiawan mengatakan, dengan adanya ATM bersama tersebut, membuat banyak lokasi yang semakin terjangkau oleh masing-masing bank BUMN, termasuk BNI.

"Dulu dengan penggunaan ATM sendiri-sendiri ini ada blank spot," ujar Putrama di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

Namun dengan adanya ATM Merah Putih ini, lanjut Putrama, membuat penambahan jumlah unit ATM tidak lagi menjadi prioritas perseroan.

Baca juga: BI: Produk ATM Smart Card Dipastikan Penipuan

Ilustrasi ATMAFP/Getty Images/BBC Indonesia Ilustrasi ATM
Kemudian, dengan adanya ATM bersama Himbara ini, membuat perseroan dapat merelokasi ATM yang berada di satu titik ke tempat lain yang belum terjangkau.

"Ini dengan ATM bersama menambah ATM tidak jadi prioritas. Dengan adanya ATM bersama kita bisa relokasi. Dari jumlah tidak menambah," jelasnya.

Putrama menyebutkan, hingga saat ini Bank BNI memiliki sekitar 16.000 ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Kemudian, BNI juga memiliki 1.714 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 384 kabupaten. 

Kompas TV Rata-rata bunga simpanan berdasarkan statistik perbankan Indonesia ada di kisaran 6,5 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com