Kompas.com - 20/11/2017, 19:00 WIB
Penerbangan Perdana Citilink Rute Baru Halim-Silangit, di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). KOMPAS.COM/Anggita MuslimahPenerbangan Perdana Citilink Rute Baru Halim-Silangit, di Bandara Internasional Silangit, Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan PT Citilink Indonesia menargetkan jumlah penumpang mencapai 13 juta hingga akhir tahun 2017 ini. Adapun hingga September 2017 lalu, jumlah penumpang Citilink sudah hampir 10 juta penumpang.

"Pertumbuhan penumpang kami tahun 2012 masih 2,5 juta. Tahun 2016 sudah 11 juta dan tahun ini mau 13 juta," kata VP Corporate Communications Citilink Benny S Butarbutar di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Adapun hingga saat ini, on-time performance (OTP) atau ketepatan waktu Citilink sudah mencapai 82 persen.

Benny mengakui, angka tersebut sudah cukup baik lantaran pada tahun lalu banyak terjadi gangguan cuaca yang mengganggu ketepatan waktu penerbangan.

Untuk menggenjot jumlah penumpang, Benny menyatakan pihaknya melakukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan menggandeng sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air.

Baca juga : BNI, Citilink, dan Iluni UI Terbitkan Kartu Combo

Benny mengungkapkan, alumni perguruan tinggi negeri (PTN) misalnya, rata-rata berjumlah lebih dari 300.000 orang. Mobilitas mereka pun cukup tinggi, sehingga hal ini bisa menjadi potensi dan kesempatan besar bagi maskapai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau digarap, itu bisa mendorong kami dapat 13 juta penumpang sampai akhir tahun ini," ungkap Benny.

Di samping itu, Citilink juga memberikan kemudahan bagi penumpang, seperti misalnya kenyamanan berbelanja produk-produk eksklusif di dalam pesawat. Citilink juga berencana menghadirkan fasilitas sambungan internet nirkabel atau WiFi di dalam pesawat.

"Perkembangan global saat ini juga membuat strategi Citilink menyasar generasi milenial sebagai sasaran utama, dengan memberikan experience yang unik, baik pre-flight, during-flight, dan post-flight," ujar Benny.

Citilink pun memberikan kemudahan pembelian dan pembayaran tiket pesawat melalui gerai-gerai ritel dan e-commerce. Benny menuturkan, ini akan membuat konsumen tidak sulit untuk memperoleh tiket Citilink.

Citilink akan mendatangkan 6 unit pesawat Airbus seri A320neo dan 1 unit Airbus seri A320CEO sepanjang tahun 2017 ini. Penambahan 6 unit pesawat tersebut akan melengkapi jajaran armada Citilink menjadi 50 unit pesawat.

Kompas TV Pesawat model terbaru diperlihatkan melalui ajang tahunan Dubai Airshow.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.