Uji Coba Operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta Mundur

Kompas.com - 21/11/2017, 16:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (21/11/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (21/11/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba awal pengoperasian kereta bandara dari Jakarta ke Soekarno-Hatta mundur dari rencana awal.

Awalnya kereta bandara, akan diuji coba pada November 2017, tetapi akhirnya mundur menjadi awal Desember 2017.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba operasional kereta bandara mundur karena adanya penyesuaian sinyal dengan operasional kereta rel listrik (KRL).

"Mungkin kami undur sedikit sampai tanggal 1 Desember 2017-2 Desember 2017. Ini kan yang dicek adalah sistemnya terus slotnya, kami cek dengan kereta-kereta yang ada," ujar Budi Karya di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Selain itu, terang dia, mundurnya operasional kereta bandara juga adanya hambatan seperti perlintasan sebidang yang ada di sepanjang jalur kereta bandara.

"Ada beberapa tempat ada pembebanan tertentu, supaya nanti lebih lancar," jelas dia.

Sementara itu, PT Railink sebagai operator Kereta Bandara Soekarno Hatta telah merilis jadwal perjalanan kereta bandara dengan rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno Hatta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama Railink, Heru Kuswanto mengatakan, 10 rangkaian kereta bandara telah siap beroperasi dengan kapasitas penumpang hingga 33.000 setiap harinya.

"Kereta bandara ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper dan Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.

Waktu tempuh KA Bandara Soekarno Hatta relatif cepat sekitar 55 menit. Kereta bandara ini juga dilengkapi berbagai fasilitas bagi penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.