Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Saat Perayaan Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 19/12/2017, 15:58 WIB
Ilustrasi SPBU KOMPAS.com/UNO KARTIKAIlustrasi SPBU
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) memastikan persediaan bahan bakar minyak ( BBM) pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2018 aman dan tidak akan terjadi kelangkaan.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengatakan, pihaknya akan menerapkan tiga strategi untuk mengamankan ketersediaan BBM di berbagai daerah.

"Pertama, menjaga stok di level aman. Kedua, menjaga jalur distribusi. Ketiga, menyiapkan alternatif pengisian bila jalanan macet," kata Adiatma saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/12/2017).

Bahkan, untuk meminimalisir kepadatan jalur pendistribusian ke beberapa SPBU, pihak Pertamina bekerja sama dengan beberapa stakeholder untuk memastikan distribusi BBM berjalan lancar.

Baca juga : Natal dan Tahun Baru, Pasokan LPG 3 KG, BBM, dan Listrik Dijamin Aman

"Iya, kami bekerja sama dengan Jasa Marga, DLLAJR, Hiswana Migas, kepolisian dan lainnya," ucap Adiatma.

Adiatma menuturkan, ada sejumlah lokasi yang akan jadi pusat perhatian Pertamina untuk mengamankan ketersediaan BBM. Misal, di sekitar pusat acara keagamaan, jalur mudik dan daerah-daerah wisata.

Untuk ketersediaan BBM, pihaknya sudah memiliki perhitungan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan BBM saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Stok Premium 27,4 hari, Pertamax 19,6 hari, Pertalite 20,3 hari, Solar 20,8 hari, Avtur 27,8 hari, Pertamina Dex 36,5 hari, Turbo 24,5 hari," ucap Adiatma.

Kompas TV Kota Pontianak, Kalimantan Barat, optimistis dalam menerapkan transaksi tanpa tunai mulai Januari 2018.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X