Sidak, Menteri Budi Karya "Semprot" Petugas ASDP Labuan Bajo

Kompas.com - 22/12/2017, 16:38 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah memantau petugas operator penyeberangan di Pelabuhan Labuan Bajo memasang lashing atau tali pengikat kendaraan, Jumat (22/12/2017). KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKOMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi tengah memantau petugas operator penyeberangan di Pelabuhan Labuan Bajo memasang lashing atau tali pengikat kendaraan, Jumat (22/12/2017).
EditorBambang Priyo Jatmiko

LABUAN BAJO, KOMPAS.comMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengomeli para petugas operator penyeberangan PT ASDP (Persero) saat melakukan inspeksi mendadak di Labuan Bajo, NTT, Jumat (22/12/2017).

Menteri Budi Karya geram lantaran saat kapal feri mau berangkat, truk dan kendaraan yang diangkut tidak dilakukan lashing atau pengikatan bodi kendaraan. Kapal tersebut akan berangkat dari Labuan Bajo ke Pelabuhan Sape, Sumbawa.

Tanpa lashing, kendaraan yang diangkut kapal feri akan rentan terguling saat kapal menghantam ombak besar. Apalagi saat ini kondisi sebagian besar perairan di Indonesia sedang mengalami angin barat.

Dari pantauan Kompas.com, Menteri Budi Karya langsung mengomeli para petugas ASDP yang bertugas saat mengetahui ada delapan truk yang diangkut, hanya dua yang di-lashing.

"Saya mau menunggui semua truk di-lashing biar nggak dikibulin (dibohongi) petugas. Bisa saja petugas bilangnya mau di-lashing, tapi saat ditinggal, tidak dikerjakan," kata Menteri Budi Karya.

Menteri Budi Karya lantas menunggui semua truk dan kendaraan diikat. Sekitar setengah jam dia berada di atas kapal untuk memastikan kendaraan terikat semuanya.

Sementara itu, Manajer Usaha ASDP Labuan Bajo Muhammad Firdaus mengatakan semua keperluan untuk keamanan pelayaran sudah disediakan, termasuk tali untuk lashing kendaraan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun yang memang kami perlu benahi adalah bagaimana penggunaan dari alat-alat tersebut," jelas dia.

Untuk itu, dia berjanji untuk memperbaiki tingkat keamanan pelayaran, terutama saat musim barat seperti sekarang.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X