Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani: Banyak Daerah Seperti DKI Jakarta soal Biaya Dinas

Kompas.com - 29/12/2017, 13:49 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pernyataannya mengenai besaran biaya perjalanan dinas yang dia sampaikan saat membuka Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta kemarin.

Sebelum di Jakarta, Sri Mulyani sudah menyampaikan hal yang sama di banyak daerah sehingga pernyataannya kemarin dianggap sebagai hal yang biasa.

"Itu kan statement saya selama ini saya berikan kepada semua daerah, tidak hanya di DKI," kata Sri Mulyani saat ditemui di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (29/12/2017).

Baca juga : Masukan dari Sri Mulyani untuk Pemerintahan Anies-Sandi...

Menurut dia, banyak pemerintah daerah selain DKI Jakarta yang sebenarnya menggunakan satuan biaya untuk kegiatan-kegiatan yang nilainya lebih tinggi.

Dia juga menegaskan pernyataan yang persis sama sudah sering disampaikan saat menghadiri acara di daerah-daerah lain.

"Statement itu sudah disampaikan di berbagai forum, jadi tidak ada hal-hal yang sifatnya politis. Saya dengan Pak Anies dan Pak Sandi kemarin bicara seperti biasa saja," tutur dia.

Pada acara kemarin, Menkeu menyebutkan biaya perjalanan dinas di Pemprov DKI Jakarta tiga kali lipat lebih besar dari standar nasional.

Baca juga : Tanggapi Sri Mulyani, DKI Sebut Biaya Perjalanan Dinas Sesuai Kemampuan Daerah

 

Besaran yang dimaksud adalah Rp 1,5 juta di DKI Jakarta, sementara biaya perjalanan dinas di jajaran pemerintah pusat hanya Rp 480.000 per hari.

Adapun besaran yang dimaksud Sri, tercantum dalam Keputusan Gubernur Nomor 190 Tahun 2017 tentang Biaya Perjalanan Dinas Dalam dan Luar Negeri.

Sebelum peraturan itu, besaran Rp 1,5 juta juga sudah tercantum pada peraturan tahun sebelumnya, yaitu Keputusan Gubernur Nomor 2146 Tahun 2016.

Sembari menjelaskan soal itu, Sri turut mengingatkan agar besarnya anggaran perjalanan dinas tersebut diiringi dengan kualitas pelayanan masyarakat yang lebih baik.

Baca juga : Biaya Perjalanan Dinas DKI yang Jadi Sorotan...

Kompas TV Menkeu Sri Mulyani Kecewa Pegawai Pajak Terlibat Suap
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com