Mendag: Beras Impor Sampai di Konsumen Januari-Februari 2018 - Kompas.com

Mendag: Beras Impor Sampai di Konsumen Januari-Februari 2018

Kompas.com - 12/01/2018, 17:55 WIB
Menteri Perdagangan Enggartiasto LukitaKOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan beras impor sebanyak 500.000 ton dari Thailand dan Vietnam dapat diterima dan dinikmati masyarakat pada akhir Januari hingga awal Februari 2018.

Kebijakan impor beras ini dilakukan setelah Kementerian Perdagangan mendapati stok beras menurun dan terjadi lonjakan harga beras di pasaran, khususnya untuk beras medium.

"(Beras) sampai di konsumen sekitar Januari sampai Februari masuknya," kata Enggar saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (12/1/2018).

Menurut Enggar, kebijakan impor beras ini memiliki dasar yang kuat, yaitu melihat kebutuhan masyarakat dan harga beras medium yang naik hingga di kisaran Rp 13.000.

Jenis beras yang diimpor pun adalah beras khusus yang tidak ditanam di dalam negeri, serta berlandaskan pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 1 Tahun 2018.

Nantinya, beras impor dari Thailand dan Vietnam tersebut akan diimpor oleh PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) selaku BUMN. Ketentuan dalam Permendag 1/2018 mengatur pihak yang diperbolehkan mengimpor beras adalah BUMN.

Adapun untuk harga jual beras impor nanti, Enggar memastikan akan dilepas dengan harga beras medium Rp 9.450 per kilogram untuk wilayah Jawa dan Sumatera Selatan dan Lampung.


EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar
Close Ads X