Bagi Investor Pemula, Lakukan Ini agar Meraih Untung Sesuai Harapan

Kompas.com - 28/01/2018, 14:00 WIB
Ilustrasi investasi thinkstockphotosIlustrasi investasi
EditorAprillia Ika

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk menjaga nilai aset atau kekayaan yaitu dengan berinvestasi. Namun, masih banyak orang yang ragu untuk berinvestasi. Ada yang bilang kalau investasi itu menakutkan.

Apa yang dikatakan orang tidaklah benar. Nyatanya, investasi tidak semenakutkan itu. Investasi juga cocok untuk semua kalangan, baik muda maupun tua, keduanya dapat berinvestasi sesuai kebutuhannya.

Bahkan, para investor muda kini mulai melebarkan sayapnya di dunia investasi mengingat tingkat keuntungan yang didapatkan sangat menggiurkan.

Akan tetapi, investasi tidak semudah yang dibayangkan. Banyak di antara kita yang belum merasakan untung, bahkan mengalami kerugian, kapok untuk berinvestasi. Apalagi para pemula. Bagi investor pemula, lakukan enam hal ini agar meraih untung sesuai harapan.

Baca juga : Ini Cara Untuk Mengukur Saham Sudah Mahal atau Masih Murah

1. Mengetahui Tujuan Investasi

Cara aman untuk memulai investasi ialah mengetahui tujuan dari investasi tersebut. Tujuan dari investasi dapat berupa tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang. Instrumen investasi untuk setiap tujuan juga berbeda-beda.

Karena itu, ketahui apa tujuan berinvestasi agar dapat mengetahui instrumen seperti apa yang layak untuk diambil.

Pada dasarnya, ukuran keuntungan dan risiko yang didapat dari investasi tergantung pada tenggang waktu dan jenis investasi itu sendiri. Di mana keuntungan yang besar berbanding lurus dengan risiko yang didapat.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Memutuskan berinvestasi bukanlah hal yang mudah. Anda harus mempertimbangkan kebutuhan. Ada lima jenis investasi yang disukai investor, yaitu investasi properti, saham, reksa dana, emas, dan deposito. Kelima instrumen ini memiliki tingkat risiko dan keuntungan yang berbeda-beda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.