Kompas.com - 09/03/2018, 10:36 WIB


MAKASSAR, KOMPAS.com - Secara bertahap mulai Jumat (9/3/2018), sebanyak 60.000 ton jagung asal Sulawesi Selatan diekspor ke Filipina melalui Pelabuhan Makassar. Total nilai ekspor mencapai Rp 210 miliar.

Menurut data dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Sulawesi Selatan, pada tahap pertama, jumlah jagung yang diekspor 6.700 ton.

Peresmian ekspor dilakukan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo.

(Baca: Ekspor 57.000 Ton Jagung ke Filipina, Mentan Lapor ke Presiden)

Data BPS per 2017 menunjukkan total produksi jagung Sulawesi Selatan mencapai 2.341.337 ton. Setahun sebelumnya, produksi jagung dari Sulawesi Selatan sebesar 2.065.125 ton.

Dalam kurun waktu 2017-2018, pertumbuhan produksi jagung Sulawesi Selatan mencapai 8,69 persen.

Kabupaten-kabupaten penghasil jagung Sulawesi Selatan adalah Maros, Sidrap, Bone, Wajo, Soppeng, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, dan Luwu Raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.