Kompas.com - 22/03/2018, 16:58 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saay ditemui usai Mandiri Investasi Outlook 2018, di Jakarta, Kamis (25/1/2018) Yoga Hastyadi WidiartantoKetua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saay ditemui usai Mandiri Investasi Outlook 2018, di Jakarta, Kamis (25/1/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengumumkan pemberian izin kepada Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912 untuk kembali beroperasi. Dengan demikian, AJB Bumiputera bisa kembali memasarkan produk asuransinya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyebut, AJB Bumiputera dapat kembali beroperasi pada Jumat (23/3/2018). Hal ini merupakan bagian dari upaya penyehatan AJB Bumiputera.

"Berdasarkan laporan Pengelola Statuter AJB Bumiputera dan hasil pemeriksaan OJK, kami memandang AJB Bumiputera sudah siap kembali memasarkan produk asuransinya sejalan dengan upaya program penyehatannya," kata Wimboh dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Wimboh menyebut, OJK telah melakukan pemeriksaan langsung terhadap AJB Bumiputera pada 7-23 Februari 2018. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kesiapan AJB Bumiputera melaksanakan operasional kembali setelah pada tahun 2017 tidak memasarkan produk.

Baca juga: Dikabarkan Masuk ke AJB Bumiputera, Ini Kata Erick Thohir

Cakupan pemeriksaan yang dilakukan antara lain terkait kesiapan produk-produk yang akan dipasarkan, program pemasaran, dan keagenan yang akan digunakan. Diperiksa pula terkait kebijakan dan standar operasional yang ditetapkan, sistem informasi dan teknologi, serta sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur pendukung lainnya.

"Kami terus mendorong agar AJB Bumiputera senantiasa melakukan peningkatan kualitas pelayanan dan kinerja operasional, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap AJB Bumiputera dan dunia asuransi di Indonesia," jelas Wimboh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, OJK pada 27 Februari 2018 lalu menerbitkan Peraturan OJK (POJK) Nomor 1/POJK.05/2018 tentang Kesehatan Keuangan Bagi Perusahaan Asuransi Berbentuk Badan Hukum Usaha Bersama. Ini adalah bagian dari amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Ketentuan tersebut mengatur tentang kesehatan keuangan bagi perusahaan asuransi berbentuk badan hukum usaha bersama (mutual) seperti AJB Bumiputera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.