Nasabah BRI Mulai Terima SMS, Kartu ATM Tak Bisa Digunakan - Kompas.com

Nasabah BRI Mulai Terima SMS, Kartu ATM Tak Bisa Digunakan

Kompas.com - 24/03/2018, 17:40 WIB
Layanan Contact Bank BRIbri.co.id Layanan Contact Bank BRI

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada nasabah. Pesan singkat tersebut berisi informasi bahwa kartu debit atau kartu ATM nasabah tidak dapat digunakan.

"Yang terhormat nasabah BRI, demi keamanan transaksi, kartu ATM Anda akan dinonaktifkan. Segera ganti kartu Anda di kantor cabang BRI terdekat (gratis), Info Contact BRI 14017," demikian bunyi SMS yang dikirimkan kepada nasabah, Sabtu (24/3/2018).

Baca juga : Penonaktifan Kartu ATM BRI untuk Nasabah yang Terindikasi Terkena Skimming

SMS tersebut pun sempat membuat kepanikan di kalangan nasabah. Tidak sedikit dari mereka yang langsung pergi ke kantor cabang, yang akhirnya kantor cabang pun dipenuhi oleh nasabah.

"Ada apa dengan BRI? Pagi-pagi dapat kabar ATM akan dinonaktifkan. Saya coba ke ATM, ternyata tidak bisa digunakan, diminta ke kantor cabang tapi banyak yang tutup. Kok bikin repot ya?" kata seorang pengguna Facebook bernama Hadar Nafis Gumay.

Baca juga : Sejumlah Upaya BRI Halau Kejahatan Skimming ATM

BRI pun menjelaskan alasan penonaktifkan kartu debit tersebut melalui akun Twitter resminya, @kontakbri. Perseroan pun meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

"Sebagai langkah pencegahan penyalahgunaan kartu ATM oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka kartu ATM dinonaktifkan," tulis BRI.

Baca juga : Meski Tak Terima SMS Notifikasi, Nasabah BRI Tetap Harus Ganti Kartu ATM


Bank berkode emiten BBRI tersebut menuturkan, agar dapat bertransaksi kembali dengan kartu ATM, nasabah dapat melakukan penggantiam kartu di kantor cabang BRI terdekat, kantor awal buka rekening, atau kantor cabang khusus BRI. Penggantian kartu gratis alias tanpa dikenakan biaya.

Baca juga : Marak Skimming, OJK Minta Perbankan Percepat Migrasi ke Kartu Cip

Untuk mengganti kartu, nasabah cukup membawa kartu tanda penduduk (KTP), buku tabungan, dan kartu debit atau ATM. Penggantian kartu dapat dilakukan pada hari ini dan esok, Minggu (25/3/2018) pada pukul 08.00 hingga 15.00.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X