Melihat Sejumlah Ide Pembiayaan Perumahan dari Hackathon BTN

Kompas.com - 25/03/2018, 18:03 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) menggelar BTN Mortgtech Hackathon yang mengkompetisikan ide-ide di bisnis pembiayaan perumahan. Dari total 225 ide aplikasi yang didaftarkan, terpilih tiga besar yang keluar sebagai pemenang.

"Juara pertama diraih tim Celengan Property yang mengembangkan aplikasi berjudul Celengan Properti, dengan memanfaatkan teknologi blockchain untuk pembiayaan properti atau KPR (Kredit Pemilikan Rumah)," kata Direktur BTN Budi Satria melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Minggu (25/3/2018).

Budi menyebutkan,  juara ke dua jatuh kepada tim Wakanda dengan aplikasi bernama Hommy yang menggunakan credit scoring berbasis big data untuk pembiayaan perumahan. Sementara tim Radya PlayGround selaku peraih juara ke tiga membuat aplikasi Tania CRM yang menggunakan chat bot untuk meningkatkan pelayanan KPR.

Panitia penyelenggara Hackathon turut menobatkan enam tim terbaik yang berhasil masuk babak terakhir kompetisi ini. Mereka adalah tim Celengan Property yang menyajikan aplikasi untuk membantu calon investor memiliki properti secara rombongan sekaligus memberi prediksi kenaikan harga properti.

Baca juga: BTN Gelar Hackathon, Lomba Inovasi Teknologi Pembiayaan Perumahan

Kemudian ada tim Tobat yang membuat aplikasi Bijitanah untuk menyaring properti dengan nilai investasi yang menarik dan bernilai tinggi serta mengintegrasikannya dengan aplikasi KPR. Selanjutnya tim Misya dengan aplikasi untuk kustomisasi rumah atau renovasi dan terhubung dengan KPR.

Tim lainnya adalah Samiaji Adisasmito dengan aplikasi Jojo KPR yang bisa memberi analisis kelayakan hipotek dengan media sosial disertai dengan kemudahan cicilan bulanan memakai virtual account. Juga ada tim Radya PlayGround dan tim Wakanda seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

"Ide-ide aplikasi yang ada ini akan terus dieksplorasi dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan KPR yang cepat dan mudah," tutur Budi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.