Ini Rahasia Sukses Bill Gates - Kompas.com

Ini Rahasia Sukses Bill Gates

Kompas.com - 01/04/2018, 15:00 WIB
Bill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016.Bill Gates Bill Gates membuat daftar 5 buku terbaik yang ia baca selama 2016.

NEW YORK, KOMPAS.comBill Gates tidak hanya dikenal karena kesuksesannya mendirikan Microsoft yang mengubah kehidupan manusia di bumi ini. Gates pun dikenal sebagai orang terkaya di dunia selama bertahun-tahun dan filantropis berkomitmen tinggi.

Anda pun tentu bertanya-tanya, apa sebenarnya rahasia Gates untuk bisa mencapai kesuksesan dan kekayaan seperti sekarang ini. Beberapa waktu lalu, Gates menjawab pertanyaan yang bikin banyak orang penasaran ini.

"Saya diuntungkan karena mengenyam pendidikan yang sangat baik. (Saya bersekolah) di sekolah negeri sampai kelas 6, kemudian sekolah di sekolah swasta yang hebat," kata Gates seperti dikutip dari Time, Minggu (1/4/2018).

Kemudian, pertanyaan yang muncul adalah apakah Gates akan sesukses saat ini apabila ia berasal dari keluarga yang tidak kaya. Ayah Gates adalah pelajar terkemuka di Seattle, Negara Bagian Washington.

Baca juga: Kalahkan Bill Gates, Bos Toko "Online" Jadi Orang Terkaya Dunia

Ketika usianya 13 tahun, Gates didaftarkan di Lakeside School, sekolah swasta terbaik keenam di AS. Kemudian, Gates kuliah di kampus bergengsi Harvard University selama dua tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk keluar dan mendirikan Microsoft.

Dalam komitmen filantropinya, Gates pun memiliki misi dalam memberikan akses pendidikan kepada masyarakat berpendapatan rendah di seluruh dunia. Pada tahun 2017 lalu, yayasan yang didirikan Gates, The Bill and Melinda Gates Foundation, menyumbang 1,7 miliar dollar AS untuk pendidikan.

Gates mengatakan, ketika SMA, dirinya sukses memperoleh nilai-nilai yang baik. Pada awal usia 20-an pun ia dapat menyusun kode dengan baik.

"Impian menciptakan PC sebagai perangkat yang dapat digunakan terwujud pada era 1990-an," ungkap Gates.

Saat ini, Gates mengaku lebih fokus menjadi ayah yang baik bagi anak-anaknya. Ia pun memenuhi ambisi yayasannya, beberapa di antaranya  memberantas penyakit polio dan malaria.

Baca juga: Bill Gates: Mata Uang Virtual Buruk bagi Manusia

"Saya rasa hal yang bagus untuk selalu mempunyai tujuan. Saya pun memilikinya di banyak bidang, termasuk pekerjaan yang saya lakukan terkait perubahan iklim," sebut Gates.

Kompas TV Anak dari sepasang suami istri tersebut menderita down syndrome.


Close Ads X