Pertamina Klaim Sudah Bersihkan Tumpahan Minyak di Perairan Balikpapan

Kompas.com - 10/04/2018, 17:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) mengklaim sudah membersihkan tumpahan minyak di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tumpahan minyak tersebut disebabkan oleh putusnya pipa bawah laut dan membuatnya bergeser hingga 120 meter dari lokasi awal.

Direktur Pengolahan Pertamina Taharso mengungkapkan, penyebab putusnya pipa hingga menimbulkan kebocoran minyak masih terus diselidiki. Investigasi juga dilakukan oleh pihak kepolisian.

Meskipun demikian, Taharso menyatakan Pertamina sudah melakukan pembersihan terhadap tumpahan minyak tersebut. Saat ini, imbuh dia, situasi di perairan Balikpapan yang terdampak tumpahan minyak pun telah kondusif.

"Kami tanggap darurat, kami bersihkan. Sudah bersih, Alhamdulillah," ujar Taharso di Gedung DPR MPR RI, Selasa (10/4/2018).

Taharso menyatakan, pembersihan dilakukan terhadap satu teluk yang terdampak tumpahan minyak tersebut. Pembersihan pun dilakukan oleh Oil Spill Combat Team yang hingga saat ini masih berada di lokasi.

"Pembersihan relatif sudah bersih. Pertamina membersihkan satu teluk," ujar Taharso.

Tumpahan minyak berasal dari kebocoran karena patahnya pipa penyalur minyak mentah dari Terminal Lawe-lawe di Penajam Paser Utara ke Kilang Balikpapan. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Sabtu (31/3/2018) lalu.

Kerusakan pada pipa mengakibatkan aliran minyak ke kilang Balikpapan terganggu. Sebab, Pertamina langsung menutup penyaluran minyak mentah dari pipa tersebut. Untuk mengatasi permasalahan itu, Pertamina menggantungkan pada pipa cadangan dan kapal tanker.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.