Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF dan Alibaba Harapkan Penyelesaian Perang Dagang China-AS

Kompas.com - 12/04/2018, 11:18 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

HAINAN, KOMPAS.com - Dalam sebuah forum diskusi di Hainan, China, managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde dan Co-Founder Alibaba Group Jack Ma sampaikan agar konflik dagang antara China dan Amerika segera usai. Keduanya menekankan perdagangan bebas bagi kemakmuran manusia secara global.

Dikutip dari South China Morning Post, Selasa (12/4/2018), Jack Ma mengatakan perdagangan adalah penyelamat dunia dari kemiskinan global. Di pertengahan abad 19, sebanyak 90 persen penduduk bumi hidup di bawah garis kemiskinan.

"Di tahun 1990an, angka itu berkurang jadi 37 persen, dan saat ini orang yang hidup di bawah garis kemiskinan (hanya) sebanyak 10 persen," ujar Ma.

Lagarde menambahkan meski sudah cukup terbuka, perdagangan global masih banyak hambatan, terutama di industri jasa. Padahal banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

"Kita perlu mengurangi hambatan, menambah transaksi dagang yang dapat melingkupi banyak sektor dengan asas keterbukaan," imbuh Legarde.

Dirinya menambahkan, perdagangan adalah faktor utama yang dapat mereduksi kemiskinan, Karena melalui perdagangan, hal itu bisa meningkatkan produktivitas dan inovasi.

Ekonomi dunia harus menuruti aturan-aturan dagang yang sudah ada. meskipun terkadang aturan dalam perdagangan bebas merugikan beberapa industri. Sehingga perlu ada peningkatan dalam mekanisme dan aturan yang menyediakan kebijakan untuk melindungi sektor-sektor industri yang dirugikan, ujar keduanya.

"Jika perdagangan berhenti, dunia juga akan berhenti," ujar Ma.

Dalam jangka waktu 30 tahun kebelakang ini, perkembangan dunia dagang dunia tidak cukup signifikan, "Hal inilah yang menyebabkan negara berkembang dan anak-anak muda tidak merasa diuntungkan (oleh perdagangan bebas)," tambah Ma.

Dialog antara Jack Ma dan Lagarde terjadi sehari sebelum kemungkinan reformasi dan langkah-langkah liberalisasi pasar diumumkan oleh Presiden Xi Jinping dalam pidato pembukaannya di Baoao Forum 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com