Perlancar Arus Mudik, Jasa Marga Maksimalkan "Mobile Reader" di Gerbang Tol

Kompas.com - 13/04/2018, 12:47 WIB
Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani mengunjungi pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Minggu (25/2/2018) JasaMargaDirektur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani mengunjungi pembangunan proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated), Minggu (25/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) berencana menggunakan unit mobile reader untuk mempercepat transaksi tol di tiap gerbang tol yang padat saat arus mudik Lebaran 2018.

Petugas nantinya akan membawa mobile reader dengan sistem jemput bola ke pengendara yang antre memasuki gerbang tol sehingga proses transaksi tidak perlu terpusat di gerbang tol.

"25 unit mobile reader kami siapkan," kata Direktur Utama Jasa Marga Desy Arryani saat menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Desy menjelaskan, dari total 25 unit mobile reader yang disiapkan, 7 di antaranya akan ditempatkan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Kemudian 3 unit di GT Cikarang Barat, 5 unit di GT Pasteur, 5 unit di GT Cileunyi, 2 unit di GT Manyaran, dan 3 unit di GT Kamal 1.

Selain mempersiapkan mobile reader, Jasa Marga akan memaksimalkan gardu tol yang ada untuk memperlancar arus kendaraan baik saat mudik maupun balik. Adapun selain penanganan terhadap GT, Jasa Marga juga akan menyiapkan rest area temporer di tiap 10 kilometer pada jalur tol fungsional.

"Ruas (tol) fungsional yang dipakai satu jalur terdiri dari dua lajur. Jalur sebelahnya yang tidak dipakai (pengendara) kami dirikan rest area temporer, dengan toilet dan tempat sholat yang lebih luas," tutur Desy.

Pihaknya turut mengantisipasi potensi kepadatan di tiap-tiap rest area agar kejadian saat mudik tahun lalu tidak terulang. Antisipasi kepadatan dilakukan dengan memperbaiki manajemen serta flow masuk dan keluar kendaraan dari tiap rest area.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X