Kompas.com - 17/04/2018, 11:30 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Yoga Hastyadi WidiartantoMenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya akan memberikan kelonggaran bagi PT Pertamina (Persero) Tbk dalam hal distribusi bahan bakar minyak (BBM) berstandar Euro 4.

Kelonggaran itu diberikan setelah Siti Nurbaya melakukan diskusi dengan Pertamina dan juga Kementerian Perindustrian perihal penyaluran BBM tersebut.

Kesepakatan diskusi tersebut adalah memberikan semacam relaksasi bagi jenis kendaraan tertentu untuk menggunakan BBM dengan standar Euro 4.

"Saya sudah diskusi dengan Pertamina dan Menteri Perindustrian terhadap Euro 4 ini. Memang ada pengecualian, ada transisi untuk kendaraan-kendaraan tertentu, dari beberapa jenis ada relaksasinya," sebut Siti Nurbaya di Gedung DPR/MPR, Senin (16/4/2018).

Baca juga: Tumpahan Minyak di Teluk Balikpapan, Pemerintah Bakal Jatuhkan Sanksi ke Pertamina

Siti Nurbaya mengatakan, pihaknya telah memberikan kesempatan untuk Pertamina agar menyiapkan infrastruktur penyaluran BBM Euro 4 tersebut. Pasalnya, Pertamina sempat mengeluh lantaran terbatas dalam hal infrastruktur penyaluran Euro 4.

"Tetapi memang Pertamina bilang ke saya bahwa dia punya kesulitan karena setiap produk Pertamina dari awal sampai distribusi itu alat-alatnya tertentu. Itu yang kami masih mau rapat dan dia minta kelonggaran terkait itu," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun begitu, Siti Nurbaya telah menargetkan agar BBM Euro 4 tersebut bisa beredar luas di masyarakat setelah enam bulan sejak masa transisi pada September 2018 mendatang.

Adapun distribusinya diharapkan bisa dilakukan di daerah dengan padat penduduk. "Enam bulan dari September 2018. Kami harapkan kalau bisa di daerah yang padat dulu," ucap Siti Nurbaya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.