Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Perang Dagang, Menkeu AS Pertimbangkan ke China

Kompas.com - 23/04/2018, 08:07 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

WASHINGTON, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Amerika Steven Mnuchin mempertimbangkan untuk mengunjungi China. Hal ini sebagai upaya untuk meredakan  ketegangan hubungan dagang kedua negara dengan ekonomi terbesar dunia itu.

"Kunjungan ini sedang direncanakan," ujarnya, dikutip melalui CNBC saat konferensi pers dalam pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, Sabtu (21/4/2018) waktu setempat.

"Saya tidak akan membuat pernyataan terkait waktu, atau konfirmasi apapun, yang jelas kunjungan ini sedang dalam pertimbangan," sebutnya.

Mnuchin mengatakan, dirinya telah bertemu dengan Yi Gang, Gubernur Bank Sentral China yang baru, dalam pertemuan musim semi IMF dan Bank Dunia.

Baca juga: BPS: Ada Perang Dagang antara AS dan China, Ekspor RI Masih Aman

"Saya telah bertemu dengan perwakilan China di sini. Diskusi yang kami lakukan meliputi beberapa kebijakan Gubernur PBOC (People Bank of China) termasuk tindakan untuk membuka beberapa pasar mereka, yang tentu kami dukung dan hargai," katanya.

Isu perang dagang AS dan China terus menghantui perdagangan dunia seiring aksi baku balas kedua negara itu.

Beijing telah beberapa kali mengancam melakukan pembalasan terhadap produk ekspor Amerika Serikat jika kebijakan tarif benar-benar diberlakukan.

Sementara Trump juga meminta timnya untuk mengidentifikasi lebih lanjut 100 miliar dollar AS produk impor China yang bisa diberlakukan tarif dagang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com