Rupiah Hampir 14.000 per Dollar AS, Ini Kata Apindo - Kompas.com

Rupiah Hampir 14.000 per Dollar AS, Ini Kata Apindo

Kompas.com - 24/04/2018, 05:00 WIB
Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (5/12/2017). KOMPAS.com/ACHMAD FAUZI Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Rabu (5/12/2017). 

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo) mengaku tak terkejut jika nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sempat hampir menyentuh angka Rp 14.000 per dollar AS.

Ketua Umum Apindo Hariyadi B Sukamdani mengatakan, pelemahan rupiah tersebut sudah mereka prediksi jauh hari sebelumnya. 

Menurut dia, ada sejumlah sebab yang menyebabkan pelemahan rupiah terhadap dollar AS. Pertama, yakni akibat lambatnya laju ekspor Indonesia dibandingkan negara tetangga. 

"Meskipun pada Februari pembentukan devisa negara sempat tinggi," ujar dia di Jakarta, Senin (23/4/2018). 

Baca juga : Hat-trick Defisit Neraca Perdagangan

Kemudian yang kedua, adanya tekanan pembagian dividen sebagai imbas dari banyaknya perusahaan yang menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada periode saat ini.

"Ketiga ada faktor luar dari kita yang sangat terpengaruh kebijakan ekonomi Amerika Serikat (AS). Begitu Fed Fund Rate naik, kita pasti akan terpengaruh, sementara dalam setahun mereka akan melakukan penyesuaian itu empat kali," terang Hariyadi.

Faktor terakhir yang membuat pelemahan rupiah terhadap dollar AS menurut Hariyadi adalah karena masih bergantungnya industri terhadap bahan baku impor.

Baca juga : Industri Masih Bergantung pada Bahan Baku Impor

"Jadi memang hal-hal itu yang membuat kita, walaupun secara fundamental dibilang cukup bagus tapi kalau faktor luarnya dominan memang jadi masalah," ujar Hariyadi.

Seperti diketahui, saat ini nilai rupiah hampir menyentuh Rp 14.000 per dollar AS. Nilai tukar rupiah awal pekan ini tercatat sempat menyentuh posisi Rp 13.921 per dollar AS pada Senin (23/4/2018) siang di pasar spot. Nilai tersebut melemah 0,13 persen dibanding akhir pekan lalu sebesar Rp 13.893 per dollar AS.

Baca juga : Rupiah Hampir Rp 14.000 Per Dollar AS, BI Sebut Faktor Eksternal Lebih Dominan

Kompas TV Pada akhir pekan lalu, kurs rupiah spot bahkan hampir menyentuh Rp 14.000.


Komentar
Close Ads X