Optimalkan Penyerapan Gabah, Bulog dan Kementan Gelar Rapat Koordinasi

Kompas.com - 09/05/2018, 11:07 WIB
Perum Bulog bersama Kementerian Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, hingga TNI menggelar rapat koordinasi percepatan serapan gabah petani (Sergap) di Perum Bulog, Jakarta, Rabu (9/5/2018). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIAPerum Bulog bersama Kementerian Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, hingga TNI menggelar rapat koordinasi percepatan serapan gabah petani (Sergap) di Perum Bulog, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog bersama Kementerian Pertanian, Badan Ketahanan Pangan, hingga TNI menggelar rapat koordinasi percepatan serapan gabah petani (Sergap).

Kepala Bulog Komjen (Purn) Budi Waseso alias Buwas mengatakan, rakor dilakukan untuk menyinergikan upaya stabilitas serapan gabah ke petani.

"Dilakukan sebagai upaha pengkondisian dan mengoptimalkan pengadaan gabah untuk mencapai target 2018," ujar Buwas dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Sergap di Perum Bulog, Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Buwas mengatakan, Bulog bertanggungjawab dalam mengelola cadangan pangan dan distribusi pangan ke masyarakat. Khususnya untuk beras, Bulog harus memastikan gabah dari petani dapat terserap secara efektif.

Buwas mengatakan, pihaknya harus memastikan stok beras aman dan harga di pasar tidak melonjak tanpa menurunkan kesejahteraan petani.

"Dalam stabilisasi produsen atau petani, Bulog beli gabah dari petani dengan acuan kualitas harga dan kualitas sesuai instruksi presiden," kata Buwas.

Buwas menambahkan, gabah yang diserap akan digunakan sebagai alat stabilisasi harga di tingkat eceran atau konsumen. Adapun realisasi pengadaan gabah dalam negeri oleh Bulog hingga hari ini mencapai 678.238 ton.

Dukungan Kementan dan TNI, kata Buwas, bermanfaat bagi Bulog untuk memperluas jangkauan penyerapan gabah.

"Saya harap kerja sama baik dari semua pihak untuk mencapai target yang ditetapkan pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan nasional," kata Buwas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X