Sasar Milenial, Obligasi SBR003 Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 14/05/2018, 12:31 WIB
Pembukaan Masa Penawaran (Launching) SBR Seri SBR300 di Jakarta, Senin (14/5/2018). KOMPAS.com/Mutia FauziaPembukaan Masa Penawaran (Launching) SBR Seri SBR300 di Jakarta, Senin (14/5/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Berharga Negara ( SBN) SBR003 (Saving Bonds Retail Seri 003) resmi diterbitkan Senin (14/5/2018).  Masa penawaran ini akan berlangsung hingga 25 Mei 2018.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengatakan, penawaran obligasi ini merupakan bentuk upaya pemerintah untuk memperdalam pasar keuangan domestik.

"Instrumen SBR hasil kerja sama Kemenkeu dengan pelaku pasar serta otoritas lain di pasar keuangan kali ini dilakukan untuk pendalaman pasar keuangan domestik," ujarnya saat peluncuran SBR003 di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Luky mengatakan, melalui pendalaman pasar ini diharapkan SBR003 dapat menjangkau pasar generasi muda atau milenial.

Baca juga: Anak Muda Mau Investasi Modal Rp 1 Juta, Bisa ke Obligasi Ritel SBR003

"Profil investor SBN itu usia di atas 40 tahun, padahal banyak potensi investor untuk golongan muda yg sudah terbiasa dengan era digitalisasi, sehingga pasar ini perlu dioptimalkan," kata dia.

Proses pemesanan SBR003 dapat dilakukan secara online (e-SBN) dengan kupon yang ditawarkan sebesar 6,8 persen untuk 3 bulan pertama (3 Mei 2018 sampai 20 Agustus 2018). Angka ini berasal dari suku bunga acuan yang berlaku saat penetapan kupon sebesar 4,25 persen ditambah spread tetap 255 basis point (2,55 persen).

Tingkat kupon berikutnya akan disesuaikan setiap tiga bulan pada tanggal penyesuaian kupon sampai dengan jatuh tempo.

Selain itu, jenis surat utang ini tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapar diperdagangkan sampai dengan jatuh tempo.

"Sementara untuk early redemption (pelunasan sebelum jatuh tempo) bisa dilakukan setelah setahun," katanya Luky.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X