Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Minta Masyarakat Waspada Modus Penipuan Email Blokir Rekening

Kompas.com - 17/05/2018, 12:30 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah nasabah PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menerima email yang seolah-olah memberitahukan bahwa rekeninhg mereka diblokir.

Terkait dengan hal itu, Sekretaris Perusahaan Bank Central Asia (BCA) Jan Hendra angkat bicara soal beredarnya surat pemberitahuan prmblokiran rekening melalui email. Ia membantah bahwa itu dikeluarkan resmi oleh BCA.

"Berkaitan dengan beredarnya surat pemberitahuan mengenai pemblokiran rekening karena data yang tidak valid dapat kami sampaikan bahwa informasi tersebut tidak benar dan bukan dikeluarkan oleh PT Bank Central Asia Tbk," ujar Jan saat dikonfirmasi, Kamis (17/5/2018).

Jan menduga surat tersebut merupakan modus penipuan yang mengatasnamakan BCA. Dalam surat tersebut, nasabah diminta melakukan sejumlah lanhkah yang disebut bisa membuka blokir rekening mereka. Jam meminta nasabah wapada modus penipuan semacam itu.

"Waspadai modus penipuan atas nama Bca dengan tidak menginformasikan data pribadi nasabah, misalnya personal identification number (PIN) kepada pihak lain," kata Jan.

Saat ini, BCA tengah menginvestigasi modus penipuan tersebut. Ia berharap tak ada satupun nasabah yang menjadi korban. Jika menemukan permasalahan dengan rekening BCA, Jan meminta nasabah langsung menghubungi kontak resmi Halo BCA 1500888, twitter @halobca, web chat www.bca.co.id, atau kantor cabang BCA terdekat.

Sebelumnya, beredar screenshoot email yang ditujukan kepada nasabah. Di bagian kanan atas gambar terdapat logo BCA. adapun tulisan dalam surat itu berbunyi:

istimewa BCA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com