Begini Cara Akses Modul e-Learning Literasi Keuangan untuk SD dan SMP

Kompas.com - 21/05/2018, 15:17 WIB
Peluncuran modul e-Learning Literasi Keuangan untuk SD dan SMP di Gedung Radius Prawiro Bank Indonesia, Senin (21/5/2018). KOMPAS.com/Mutia FauziaPeluncuran modul e-Learning Literasi Keuangan untuk SD dan SMP di Gedung Radius Prawiro Bank Indonesia, Senin (21/5/2018).

JAKARTA KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) pada Senin (21/5/2018) ini resmi meluncurkan modul e-Learning Literasi Keuangan untuk jenjang pendidikan SD dan SMP.

Meskipun ditujukan untuk pelajar tingkat SD dan SMP, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara mengatakan modul ini dapat diakses oleh siapapun melalui situs sikapiuangmu. ojk.go.id pada sub menu Materi dan Alat.

Baca: OJK Luncurkan Modul E-Learning untuk SD dan SMP

"Karena ditujukan untuk pelajar SD dan SMP, modul ini didominasi dengan animasi dan gambar supaya menarik," ujarnya dalam Peluncuran Modul e-Learning Literasi Keuangan untuk SD dan SMP di Gedung Radius Prawiro Bank Indonesia, Senin (21/5/2018).

Tirta menambahkan modul materi dan permainan juga disajikan secara runtut dan pengguna dapat menentukan ritme belajar masing-masing dengan mengendalikan menu dalam modul yang sudah tersedia.

Pengguna layanan modul dapat berpindah halaman dengan mudah menggunakan tombol Sebelum dan Berikutnya.

Untuk wilayah Indonesia yang belum tersentuh digitalisasi, OJK sebelumnya telah menerbitkan buku modul yang dikirimkan ke seluruh pelosok wilayah Indonesia. Selain itu, pengguna juga bisa terlebih dahulu mendownload seluruh modul untuk kemudian digunakan secara offline.

"Jadi harus ada upaya dulu untuk download semuanya baru bisa digunakan. Kami menyadari ada beberapa wilayah yang belum tercover dengn internet. Tapi kan menurut Kominfo nanti di tahun 2019 semua wilayah sudah tercover (sinyal digital)," jelasnya. 

Untuk modul e-Learning yang ditujukan untuk siswa SD dan SMP ini berisi 9 materi mengenai pengenalan OJK, Bank, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, Pegadaian, Pasar Modal, Ekonomi Syariah, Asuransi, dan Mari Berbagi dengan Pajak.

Adapun setiap buku akan terdiri dari 2 jenis materi, yaitu materi pelajaran dan materi permainan yang menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X